Nanti Malam DPR Tentukan Anggota KPU-Bawaslu Periode 2022-2027, Berikut Nama-nama Calon

Nanti Malam DPR Tentukan Anggota KPU-Bawaslu Periode 2022-2027, Berikut Nama-nama Calon

Radartasik.com — Komisi II DPR RI hari ini merupakan hari terakhir melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap calon Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027. Nanti malam, Komisi II DPR RI juga akan melanjutkan dengan pengambilan keputusan melalui musyawarah. 

“Nanti malam kalau misalnya waktu sesuai jadwal semua, fit and proper test selesai jam 21.00 WIB, nanti kita bisa lanjutkan di pengambilan keputusan,” ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung dikutip dari JawaPos.com, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/2).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar menjelaskan Komisi II DPR juga akan mengadakan rapat untuk menentukan mekanisme yang akan diambil untuk memilih anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 tersebut.

“Dalam tatib kita itu pengambilan keputusan dilakukan secara musyawarah. Kalau enggak bisa musyawarah ya voting. Jadi standar saja,” katanya.

Doli menjelaskan dari 14 nama, nantinya DPR akan memilih tujuh orang calon anggota KPU periode 2022-2027. Sementara untuk anggota Bawaslu dari 10 nama calon hanya dipilih lima orang oleh Komisi II DPR.

“Nanti kami akan memilih tujuh orang dan lima orang,” ungkapnya.

Doli menuturkan, dalam fit and proper test ini Komisi II DPR akan mendalami para calon anggota dua lembaga tersebut mulai dari integritas, kapasitas dan kapabilitasnya. Sehingga ke depan bisa menghasilkan Pemilu yang berintegritas.

“Supaya menghasilkan penyelenggara pemilu yang berintegritas, berkapasitas, leadership yang mumpuni, kreatif, inovatif dan punya gagasan baru,” tuturnya.

Untuk diketahui, sebanyak 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu mengikuti proses fit and proper test selama tiga hari ini, dimulai sejak hari Senin (14/2) kemarin. (jpg/try)

14 nama calon anggota KPU yang terdiri atas 10 orang laki-laki dan empat orang perempuan tersebut yaitu:

1. August Mellaz
2. Betty Epsilon Idroos
3. Dahliah
4. Hasyim Asy'ari
5. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
6. Idham Holik
7. Iffa Rosita
8. Iwan Rompo Banne
9. Mochammad Afifuddin
10. Muchamad Ali Safa'at
11. Parsadaan Harahap
12. Viryan Azis
13. Yessy Yatty Momongan
14. Yulianto Sudrajat.

10 calon anggota Bawaslu terdiri atas tujuh orang laki-laki dan tiga orang perempuan yaitu:

1. Aditya Perdana
2. Andi Tenri Sompa
3. Fritz Edward Siregar
4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda
5. Lolly Suhenty
6. Mardiana Rusli
7. Puadi
8. Rahmat Bagja
9. Subair
10. Totok Hariyono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: