Sekarang Membuat Kartu Pencari Kerja di Kota Banjar Lebih Mudah, Tak Perlu Repot Antre

Sekarang Membuat Kartu Pencari Kerja di Kota Banjar Lebih Mudah, Tak Perlu Repot Antre


Radartasik.com, BANJAR — Para pencari kerja (Pencaker) kini tidak perlu repot  mengantre lama, dalam membuat kartu kuning atau AK1 di kantor Disnaker Kota Banjar.

 
Kepala Bidang Penempatan Perluasan dan Produktifitas Ninding Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Banjar, Ninding mengatakan pencaker cukup membuka aplikasi Sisnaker (Sistem Informasi Disnaker) untuk membuat kartung kuning (AK1). 

"Di sistem tersebut, pemohon meng-upload berkas yang dibutuhkan untuk membuat AK1. Sistem langsung melakukan verifikasi," kata dia kepada radartasik.com, Sabtu (12/2/2022). 

Jika berkas dinyatakan lengkap, maka proses verifikasi selesai dan pencaker diminta langsung datang ke kantor Disnaker.

Pencaker juga sekaligus membawa berkas yang sudah dinyatakan terverifikasi oleh sistem, sebelum proses pencetakan kartu AK1 milik pencaker

"Kalau berkas sudah lengkap di sistem, proses pencetakan kartu AK1 tidak lama. Bisa langsung dicetak," tegasnya. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Khususnya pencaker yang akan membuat AK1

Tidak seperti sebelmnya harus antre lama, karena harus mengumpulkan berkas sesuai ketentuan sehingga ribet dan memakan waktu. 

"Penerapan Sisnaker ini sudah sejak tahun kemarin. Namun saat ini cukup dengan men-scan barcode, otomatis langsung masuk sistem (aplikasi)," ujarnya. 

Sambung dia, jumlah pencari kerja yang membuat kartu AK1 dari awal Januari sampai sekarang sebanyak 192. Tahun sebelumnya sekitar 1.574 pencaker. (anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: