Adminduk Keliling Membidik Kecamatan Leuwisari

Adminduk Keliling Membidik Kecamatan Leuwisari

radartasik.com, TASIKMALAYA — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Keliling di Pondok Pesantren Muhammadiyah SMP Plus Qurrota A'yun Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Selasa (8/2/2022).


Program Adminduk Keliling itu melayani pembuatan pembuatan kartu identitas anak (KIA), akta kelahiran dan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

Operator Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Dian Eka Ramadan menyatakan, program Adminduk Keliling itu bagian dari perayaan Hari Pers Nasional 2022. “Alhamdulillah untuk hari ini pembuat Adminduk cukup banyak. Khususnya Kartu Identitas Anak. Ada juga yang membuat akta kelahiran dan memperbaharui KK. Sekitar 100-an orang kami layani,” katanya.

Menurut Dian, saat ini masyarakat belum begitu banyak merasakan manfaatnya dari KIA. Namun dia yakin ke depan KIA bisa jadi sebagai alat bukti legalitas kependudukan anak dan bisa dipakai untuk persyaratan masuk sekolah. Meski demikian, di Kabupaten Tasikmalaya sudah banyak yang membuat KIA.

“Terutama kalangan orang tua yang sudah sadar akan pentingnya kartu identitas bagi anak-anak mereka. Meski KIA belum begitu terasa manfaatnya, kami tetap akan mengejar target pembuatan KIA sebanyak-banyaknya. Pastinya sampai semua anak di Kabupaten Tasikmalaya punya KIA. Karena ke depan akan menjadi penting,” tuturnya.

Pimpinan Pesantren Muhammadiyah Qurrota A'yun Irman mengapresiasi pelayanan Adminduk Keliling. Program tersebut banyak memudahkan masyarakat.

“Kami haturkan banyak terima kasih terutama kepada para jurnalis yang telah datang dan memfasilitasi kegiatan ini. Apalagi berkat jasa para jurnalis ini banyak yang bisa membuat Adminduk bahkan tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun,” ucap Irman.

Dalam kesempatan itu, selain menyediakan pelayanan Adminduk, juga ada sosialisasi vaksinasi, peningkatan imunitas, penerapan protokol kesehatan kepada siswa, dan santunan anak yatim piatu serta masyarakat. (Ujang Nandar/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: