UPK Cikatomas Bagikan Hewan Ternak

UPK Cikatomas Bagikan Hewan Ternak

radartasik.com, CIKATOMAS - Unit Pengelola Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK-DAPM) Kecamatan Cikatomas menyalurkan bantuan sosial (Bansos) tahun 2021 dengan memberikan dua ekor domba per desa kepada sembilan desa di Kecamatan Cikatomas. Dalam program tersebut UPK Cikatomas menganggarkan dana sosial di tahun ini sebesar Rp 46.800.000.


Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Cikatomas Dadan Cardiana ST mengatakan, program UPK Cikatomas memberikan dua ekor domba kepada desa sudah bergulir tahun ini, untuk satu desa dapat dua ekor domba yang dikelola oleh masyarakat miskin. “Anggaran untuk program pemberian domba ini dari hasil usaha UPK Cikatomas tahun 2021. Program dua ekor domba untuk satu desa bagi masyarakat yang tidak mampu, agar nanti bisa dikembangbiakan dan beranak, sehingga bisa bergulir di masyarakat,” jelas dia.

Pada intinya, kata dia, hadirnya UPK ini sebagai pengentasan kemiskinan di masyarakat. Di dalam hasil Laporan Pertanggungjawaban (LPj) ini disepakati untuk di bidang peternakan dengan memberikan domba kepada masyarakat.

Adapun modal awal SPP atau UEP UPK Cikatomas, kata dia, sekitar Rp 2,1 miliar. Untuk aset yang bergerak produktif baik dari kemacetan pembayaran pinjaman dan aset produktif yang bergerak seperti inventaris sekitar Rp 7 miliar. “Untuk target surplus tahun ini sekitar Rp 500 juta. Sebelumnya di tahun 2021 lalu surplusnya sekitar Rp 351 juta. Kalau untuk 2019 Rp 900 juta dan di tahun 2020 dapat Rp 700 juta,” tambah dia. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: