Manfaat Besar Jalan Tol Gedebage-Tasik-Cilacap, Bukan Pesaing Jalan Nasional

Manfaat Besar Jalan Tol Gedebage-Tasik-Cilacap, Bukan Pesaing Jalan Nasional

radartasik.com, JAKARTA — Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan kehadiran Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Bataci) bisa turut mendukung pergerakan mendukung pergerakan orang dan barang di Pulau Jawa, khususnya wilayah bagian selatan.


Dia menyatakan pembangunan jalan tol Bataci tidak menimbulkan kompetisi dengan jalan nasional yang sudah lama ada. Kehadiran jalan tol ini justru akan menjadi pelengkap jalan nasional, terutama dalam mendukung pengguna jalan dengan jarak jauh.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Bataci) akan menjadi penopang jalan tol yang sudah ada sehingga bisa mengurai kepadatan lalu lintas, khususnya pada libur hari raya atau libur panjang.

Seperti diketahui, sambung dia, saat ini terutama pada akhir pekan dan libur hari raya, Jalan Tol Padaleunyi, khususnya di Gerbang Tol Cileunyi, berpotensi terjadi kepadatan karena terjadinya peningkatan volume lalu lintas.

Untuk itulah, dia berharap Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap mengurai kepadatan dan menjadi alternatif jalan bagi masyarakat yang bepergian ke daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian selatan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT JGC Jo Mancelly menyampaikan ke depannya, pihaknya selaku pengelola Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Bataci) akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat penyelenggaraan pembangunan Jalan Tol Bataci.

Hal ini, ungkap dia, termasuk pembebasan lahan yang sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga secara konstruksi untuk pembangunan tahap I dapat dilakukan di akhir tahun 2022.

Jalan Tol Bataci memiliki total panjang 206,65 kilometer yang menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia. Nilai investasi sebesar Rp 56 triliun. Masa konsesi selama 40 tahun.

Kepala BPJT Danang Parikesit, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dan Direktur Utama PT JGC Jo Mancelly menyampaikan hal ini pada kesempatan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Bataci) pada Senin (31/1/2022). (FIN/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: