Sempat Dinyatakan Hilang di Gunung Halimun, Pendaki Akhirnya Pulang

Sempat Dinyatakan Hilang di Gunung Halimun, Pendaki Akhirnya Pulang

radartasik.com, radartasik.com, CIBIUK — Seorang pendaki bernama Muhammad Kamaludin (26) dikabarkan tersesat saat mendaki Gunung Haruman Kecamatan Cibiuk, Jumat (28/1/2022).


Informasi tersesatnya remaja warga Kampung Andir Cibogo Desa CibiukKaler Kecamatan Cibiukitu setelah orang tua pendaki melaporkan ke Polsek Cibiuk.

Remaja itu dilaporkan hilang, karena pada Jumat pendaki tersebut menginformasikan kepada orang tuanya bahwa tersesat saat perjalanan pulang dari atas gunung.

”Survivor ini (pendaki) menginformasikan melalui pesan singkat whatsapp kepada orang tuanya bahwa dirinya sedang tersesat di Gunung Haruman dan tengah membutuhkan bantuan,” ujar Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/1/2022).

Dede menerangkan, pendaki itu tersesat, karena saat berangkat mendaki pada Rabu (26/1/2022) berangkat berkemah ke Gunung Haruman sendiri. Sehingga ketika pulang tersesat dan melaporkan kepada pihak keluarga melalui pesan singkat.

“Ketika dapat pesan permintaan pertolongan itu, pihak keluarganya mencoba menghubungi kembali tetapi tidak bisa terhubung, jadi memutuskan untuk melapor ke Polsek Cibiuk,” ujarnya.

Kata dia, orang tua korban langsung melaporkan ke Polsek Cibiuk. Dari laporan tersebut, pihak kepolisian dan kantor SAR Bandung melakukan pencarian.

Dalam pencarian tersebut, alat yang digunakan antara lain 1 unit rescuedoublecabin, 1 set alat mountenering, 1 set peralatan komunikasi, 1 set peralatan medis dan APD personal.”Kita kerahkan tim ke lokasi untuk mencari korban,” ujarnya.

Setelah melakukan pencarian, kata dia, ternyata Sabtu (29/1/2022) sekitar pukul 18.00, pihak keluarga pendaki melaporkan bahwa anaknya sudah kembali ke rumah dengan selamat. ”Kami mengecek langsung ke rumahnya, dan ternyata benar sudah pulang dengan selamat,” terangnya.

Menurut keterangan, remaja ini mengirimkan permintaan tolong kepada orangtuanya karena sempat kebingungan dan tidak tahu arah pulang namun akhirnya bisa kembali pulang melewati jalur yang sama seperti yang dia lewati ketika naik ke Gunung Haruman.

”Dalam pencarian ini kita melibatkan Basarnas Bandung, Polsek Cibiuk, BPBD, aparat desa Cibiuk Kaler dan warga setempat,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: