Bencana Terjang Tiga Kecamatan di Kabupaten Ciamis

Bencana Terjang Tiga Kecamatan di Kabupaten Ciamis

radartasik.com


CIAMIS — Kecamatan Cidolog, Cimaragas dan Pamarican dilanda hujan disertai angin kencang, Kamis (27/1/2022) sore. Akibat kejadian ini banyak pohon tumbang dan menimpa rumah warga.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, memang beberapa hari ini banyak kejadian bencana alam, yaitu hujan disertai angin kencang yang mengakibatkan banyak rumah usak akibat tertima pohon atau genting yang terbang.

“Sejauh ini berapa rumah yang kena bencana di tiga kecamatan masih dalam pendataan. Kebanyakan pohon yang tumbang itu dekat rumah yang langsung roboh dari akarnya,” ujar dia, menjelaskan.

Menurut dia, belakangan ini cuaca cukup ekstrem, maka dari itu masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya. Kemudian jika ada pohon besar dan rindang dekat rumah, lebih baik dipangkas saja. Sehingga ketika angin kencang melanda bisa menghindari roboh.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Memet Hikmat mengatakan, curah hujan belakangan ini cukup tinggi. Maka dari itu masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya. “Imbauan BMKG tiap hari kami terima, makanya masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan, karena saat ini cuacanya cukup ekstrem sering terjadi bencana alam angin kencang yang menumbangkan pohon,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: