Transfer Vlahovic Ke Juventus, Mengingatkan Kembali Kemarahan Tifosi Fiorentina Atas Kepergian Roberto Baggio

Transfer Vlahovic Ke Juventus, Mengingatkan Kembali Kemarahan Tifosi Fiorentina Atas Kepergian Roberto Baggio

Radartasik.comStriker Serbia berusia 22 tahun itu menandatangani kontrak dengan Bianconeri sebelumnya hari ini dalam kesepakatan senilai total €80 juta, menandatangani kontrak lima setengah tahun dengan tim Turin. 


Kepindahannya tidak diterima dengan baik di Florence, dengan sejumlah spanduk menghina terlihat di luar stadion Artemio Franchi.

Bahkan mantan Perdana Menteri Italia dan penggemar Fiorentina, Matteo Renzi mengatakan: “Ini seperti hari berkabung di Florence. Saya berusia 15 tahun ketika Roberto Baggio dijual ke Juventus... Saya benar-benar marah. Mengapa Fiorentina selalu harus menjual semua orang ke Juventus?" Ungkapnya.

Persaingan sengit antara Fiorentina dengan Juventus sebagian besar bermula dari berbagai insiden di tahun 1980-an dan 1990-an, memuncak dengan transfer Roberto Baggio

Transfer Baggio ke Bianconeri menyebabkan kerusuhan di jalan-jalan Florence pada tahun 1990, dengan beberapa tifosi menyerang markas La Viola.

Baggio kemudian memberi pesan cinta kepada pendukung setia Fiorentina, saat kembali ke Artemio Franchi. Dia menolak untuk mengambil penalti,  ia kemudian terlihat mencengkeram dengan erat syal Viola yang dilemparkan ke lapangan saat digantikan, sebuah tanda kesetiaan kepada para penggemar yang terluka.

27 tahun kemudian, pendukung La Viola kembali marah, kali ini terjadi pada transfer musim panas 2017, bintang lokal Federico Bernardeschi bergabung dengan Juventus dalam kesepakatan senilai € 40 juta.

Bernardeschi menolak untuk memperbarui kontraknya dengan Fiorentina. Spanduk vulgar kembali terlihat di Florence dan para penggemar La Viola tidak pernah memaafkan pemain tersebut.

Vlahovic sekarang menjadi sosok terbaru dalam perselisihan ini. Meski mencetak 17 gol dalam 21 penampilan Serie A musim ini, fans Fiorentina tidak akan mengingat waktunya di Tuscany dengan senyuman, terutama mengingat dia menolak untuk mendengarkan tawaran dari klub lain kecuali Bianconeri.

Presiden Fiorentina Rocco Commisso telah diejek dalam beberapa hari terakhir sebagai akibat dari kepindahan Vlahovic ke Juventus, dengan banyak yang mengingat wawancaranya di mana ia mengatakan tak akan menjual pemain Serbia itu ke Bianconeri

Tapi tidak adil untuk menyalahkan pengusaha Italia-Amerika, Vlahovic dan agennya menempatkan klub dalam posisi di mana mereka tidak punya pilihan selain menjual kepada saingan mereka.

Transfernya telah membuat marah fans Fiorentina, dengan sejumlah spanduk menghina terlihat di luar stadion Artemio Franchi dalam beberapa hari terakhir.

Bahkan Wali Kota Florence, Nardella, khawatir bahwa Vlahovic mungkin telah melanggar aturan isolasi Covid ketika melakukan tes medis ke Juventus. Apa yang dikatanya merupakan bentuk kemarahan yang terpendam. 

“Jika dikonfirmasi, berita bahwa Vlahovic telah melanggar aturan nasional tentang isolasi dengan meninggalkan Florence lebih awal, ii pelanggaran yang sangat serius. Seorang juara olahraga yang berperilaku seperti ini! Sungguh mengecewakan.” Kata Nardella dikutip dari Football Italia.


Kemungkinan besar Vlahovic tidak melanggar aturan isolasi Covid, jurnalis Romeo Agresti melaporkan bahwa sang pemain telah mendapat persetujuan dari Otoritas Kesehatan Lokal di Turin untuk melakukan pemeriksaan medis dengan Juventus.

Striker Serbia berusia 22 tahun itu dinyatakan positif terkena virus enam hari lalu, dan peraturan Italia menyatakan bahwa tes lain hanya dapat dilakukan setelah tujuh hari, kecuali pengecualian khusus berlaku.

Kepindahan Vlahovic juga disambut bahagia oleh mantan rekan setimnya Federico Chiesa di Fiorentina.

Chiesa pindah ke Juventus dari Fiorentina sendiri pada Oktober 2020, mereka bersama di Florence. Pemain sayap Italia itu juga memahami reaksi permusuhan yang luar biasa terhadap kepindahan dari Viola ke Bianconeri.

 Federico Chiesa memberikan dukungan dalam menghadapinya. Seperti yang terlihat di cerita Instagram Chiesa, pemain sayap Italia itu menyambut Vlahovic ke Juventus, ia memposting foto keduanya dan mengatakan: “Selamat ulang tahun Vlahovic. Dan selamat datang di Juventus.” (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: