Pembobol ATM yang Ditangkap di Rajapolah Tasikmalaya, Sebelumnya Kepergok Warga saat Beraksi di Cisayong

Pembobol ATM yang Ditangkap di Rajapolah Tasikmalaya, Sebelumnya Kepergok Warga saat Beraksi di Cisayong

TASIKMALAYAPolres Tasikmalaya Kota terus menangani kasus pembobolan ATM di Indihiang Kota Tasikmalaya, Cisayong dan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.

Seorang pemuda berinisial AR (22) kini telah diamankan. Dari tangannya, polisi juga menemukan 27 kartu ATM berbagai bank, satu unit sepeda motor, besi sepanjang sekitar 1 meter seperti linggis dan helm serta kayu.

Pemuda AR, asal Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya itu ditangkap saat berupaya membobol ATM Bjb di Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (23/01/2022) lalu. 

Dia juga beraksi untuk membobol ATM di Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya dan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya. 

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Aszhari Kurniawan melalui Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota, AKP Agung Tri Poerbowo menjelaskan, barang bukti besi ulir dengan panjang sekitar 1 meter seperti linggis dan helm serta kayu.

Barang bukti tersebut ditemukan di ruang mesin ATM di Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. “Pelaku meninggalkannya karena keburu ketahuan oleh warga dan kabur,” ujarnya.

Pelaku membobol ATM-ATM itu, kata Agung, dengan cara merusak pintu penutup dan kunci gembok secara paksa. Pelaku mengincar uang yang berada di dalam mesin ATM dan awalnya berpura-pura kartu ATM nya tertelan.

“Sementara ini barang bukti yang baru kita amankan adalah 27 buah kartu ATM, sebatang besi dan kayu, helm, dan satu unit sepeda motor pelaku. Kita terus dalami kasus percobaan pembobolan mesin ATM ini,” jelasnya.

Sebelumnya Deni Syafaat, seorang Satuan Pengamanan (Satpam) Bank Jabar Banten (Bjb) Unit Rajapolah, berhasil menggagalkan dan menangkap seorang pelaku pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kompleks Ruko Pusat Kerajinan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (23/01/2022).

Pelaku yang masih berusia muda asal Tasikmalaya itu pun terpergok sedang membongkar brankas ATM usai berpura-pura mengambil uang di mesin Minggu dini hari sekitar pukul 00.30 WIB. 

"Saya sedang piket jaga malam, mulanya saya mencurigai ada seorang pria masuk ke ATM dan berpura-pura memasukan PIN dalam waktu agak lama sekitar 4 menit berlangsung di dalam saat subuh," katanya, Senin (24/01/2022). 

"Saat didekati, pelaku terlihat malah sedang membongkar brankas ATM pakai tangan kosong tanpa memakai alat. Brankas pun terbuka dan rusak," sambungnya.

Terang dia, usai melihat gerak gerik pelaku dirinya langsung meminta bantuan masyarakat sekitar dan menangkapnya untuk segera diamankan ke pos jaga. 

Beruntung aksi pelaku keburu tertangkap tangan dan tak sempat membawa uang dalam brankas yang sudah terbuka dirusak pelaku. 

"Aksi dia sudah keliatan soalnya pas begitu merusak brankas ATM pakai tangannya, langsung diamankan oleh saya dibantu warga di sini. Soalnya, saya melihat sudah aksi langsung diamankan," terangnya.

Asalnya, tambah dia, brankas itu terkunci dan langsung terbuka. Untuk kerugian uang tidak ada, hanya kerusakan brankas ATM saja karena keburu terpergok dirinya.

Saat beraksi, jelas Deni, pelaku datang sendiri dengan memakai motor dan langsung masuk ke mesin ATM. 

Saat kejadian dia memastikan tak ada rekan pelaku lainnya baik di luar mesin ATM ataupun di dalamnya. 

Seusai pelaku ditangkap dan diamankan, dirinya langsung melaporkan kejadian ini ke Polsek Rajapolah Polres Tasikmalaya Kota. Pelaku pun akhirnya dibawa ke Polsek Rajapolah untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: