Pengelolaan Irigasi Padawaras Jelek, DPRD Kabupaten Tasikmalaya Minta Ada Perbaikan

Pengelolaan Irigasi Padawaras Jelek, DPRD Kabupaten Tasikmalaya Minta Ada Perbaikan

Radartasik.com, TASIKMALAYA — Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-ayubi mengatakan, hasil monitoring lapangan bahwa tata kelola saluran irigasi Bendungan Padawaras di Kecamatan Cipatujah tidak baik atau jelek.


Asep Sopari menjelaskan, saluran utama Irigasi Bendungan Padawaras banyak kebocoran. Terjadi juga pendangkalan dan juga banyak ditumbuhi rerumputan sepanjang saluran utama. 

"Itu hasil dari kita monitoring lapangan, baik (monitoring) saluran utama dan saluran penyaluran ke lahan pertanian," kata Asep Sopari kepada radartasik.com, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya, sejatinya Bendungan Padawras sendiri sangat strategis bahkan terlihat air cukup melimpah, maka bila dioptimalkan dengan baik akan sangat luas lahan pertanian di wilayah Tasik Selatan ini yang terairi. 

"Saluran irigasi ini harus bisa mendukung lahan pertanian, khususnya lokasi percetakan sawah baru yang luasnya 500 hektare," kata Asep Sopari.

Selama ini irigasi Bendungan Padawras saat dikatakan normal saja hanya mampu mengairi dua desa saja, yakni Desa Tobongjaya dan Bantarkalong. 
Maka dari itu sesuai keinginan masyarakat, kata Asep Sopari, harus ada perbaikan untuk meminimalisir adanya kebocoran sepanjang saluran irigasi tersebut, sehingga mengalir sampai hilir. 

"Makanya kami tekankan kepada PSDA harus segera mengutamakan perbaikan karena tertutup longsor, ataupun bocor karena saluran terbawa longsor, termasuk memperbaiki bocoran-bocoran kecil, karena akan mempengaruhi volume air sampai hilir," ujar legislator DRD Kabupaten Tasikmalaya dari Partai Gerindra ini.

Di beberapa titik, kata Asep Sopari, saluran irigasi utama juga tidak memiliki tembok penahan air, sehingga air masuk ke dalam tanah. “Itu juga harus segera diperbaiki,” ujarnya.

"Makanya perawatan juga harus diperhatikan agar air betul-betul dirasakan oleh masyarakat dalam mengolah pertanian," ungkap dia.

Menurutnya, bila semua mekanisme pengelolaan dan perawatan Irigasi Padawaras dijalankan dengan baik, dia yakin Irigasi Padawaras akan sangat optimal: air dari hulu akan sampai ke hilir. "Pada intinya akan terbangun perinsip keadilan, pemenuhan air," ujar Asep Sopari.

Pada audensi tersbeut, pihak Dinas PSDA Jawa Barat, kata Asep Sopari, sepakat akan ada perbaikan, perawatan dan pengelolaan Irigasi Padawaras dengan baik. 

"Termasuk akan adanya perbaikan secara total pada tahun 2023 mendatang. Itu akan kita tunggu mudah-mudahan dan akan terus kami dorong agar bisa direalisasikan," ujarnya berpesan.

Turut hadir dalam monitorong dan audiensi tentang Irigasi Padawaras itu anggota-anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya diantaranya H. Hidayat Muslim dari Fraksi PPP, H Ending Sunaryo dari Fraksi Golkar dan Yayat Hidayat dari Fraksi Gerindra. (ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: