Stadion Atletik Bertaraf Internasional Diresimkan Bupati Ciamis

Stadion Atletik Bertaraf Internasional Diresimkan Bupati Ciamis

radartasik.com, CIAMISBupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya meresmikan Stadion Atletik Prabu Linggabuana di Kelurahan Linggasari Kecamatan Ciamis, Selasa (18/01/2022).


Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Stadion tersebut sudah standar International Association of Athletics Federations (IAAF). 

Herdiat mengatakan, diresmikannya stadion ini menjadi kebanggaan masyarakat Tatar Galuh Ciamis, walaupun belum rampung 100 persen.

“Alhamdulillah hari ini sangat bergembira sekali, stadion atletik 99% sudah selesai, tinggal sarana prasarana penunjangnya, insyaallah akan kita laksanakan walaupun di tengah-tengah keterbatasan,” ujar dia. 

Kata dia, latar belakang pembangunan stadion atletik ini adalah berawal pada tahun 2014 saat atlet Kabupaten Ciamis mengikuti Porda Kabupaten Bekasi.

“Alasan kenapa bercita-cita membangun stadion atletik adalah berawal dari tahun 2014 lalu, ketika Porda Bekasi, di mana saat itu Ciamis memperoleh peringkat ke 26 dari 27 kabupaten kota di Jawa Barat,” terangnya.

Lanjut Herdiat, dengan dibangunnya stadion ini sekaligus membuktikan bahwa atlet Ciamis tidak akan hanya jago kandang, tetapi juga jago tandang. 

Kabupaten Ciamis akan menjadi tuan rumah pada Porprov 2022 dengan 9 cabang olahraga. Atletik ini tidak kurang dari 50 nomor yang diperebutkan, itu artinya ada 50 medali emas, 50 perak dan 50 perunggu, jadi kita bisa mendulang medali dari satu cabang olahraga atletik,” jelasnya.

Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, stadion atletik tersebut dibangun sejak tahun 2016, namun baru dapat deselesaikan pada tahun ini.

“Pembangunan stadion atletik ini sejarah bagi kita semua, hanya sedikit stadion berstandar internasional dan stadion ini secara kualitas dan ukuran sudah dijamin IAAF,” ucapnya. (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: