Pemkab Garut Dorong Hadirnya Kereta Api Logistik

Pemkab Garut Dorong Hadirnya Kereta Api Logistik

Radartasik, GARUT – Pemerintah Kabupaten GARUT mendorong kereta api khusus pengiriman barang dari Stasiun GARUT. Keberadaan kereta api logistik bisa memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha.

“Kalau sudah ada kereta api logistik, pengiriman barang menjadi mudah dan cepat. Jadi pengusaha di Garut akan lebih mudah mengantar barang dagangannya,” ujar Kepala Disperindag ESDM Kabupaten Garut Nia Gania Karyana kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

BACA JUGA: Jadwal Sholat Wilayah Kota Tasikmalaya, Sabtu, 28 Mei 2022

Gania menerangkan kereta logistik bisa memperlancar keluar-masuknya barang. Dengan kondisi itu, iklim usaha di Kabupaten Garut juga akan lebih maju dan perekonomian akan meningkat.

“Jadi nantinya masyarakat yang ingin menjual hasil pertanian bisa langsung mengirim melalui jasa angkutan kereta barang,” terangnya.

Ia berharap PT KAI maupun PT Lintas Nusantara Perdana bisa menyediakan drop point di setiap stasiun di Kabupaten Garut.

“Nah harapan kita, saya sudah menyampaikan baik ke PT Lintas ataupun kereta api Kalog, kalau Kalog kan ada stasiun, mudah-mudahan bisa buka di stasiun, begitu juga PT Lintas silakan manfaatkan kesempatan ini,” harapnya.

BACA JUGA: Bos Emtek Ikut Gabung Jadi Pemilik Baru Juara Serie B Italia US Lecce, Raffi Ahmad Hanya Ikut Hadir

Ia menegaskan pemerintah daerah siap mendukung kereta api logistik. “Tidaknya hanya pelaku usaha, silakan masyarakat Kabupaten Garut memanfaatkan (pengiriman) melalui kereta api melalui PT Lintas Nusantara dengan Kalog Express,” tegasnya.

VP Freight Marketing, Sales and Customer Care PT KAI Riyanta mengungkapkan acara kemarin masih tahap sosialisasi, mes­kipun begitu pihak­nya menga­jak masya­rakat, khu­susnya pelaku industri me­man­­faatkan pe­ngi­riman barang melalui kereta api.

“Ke depan­nya kita hara­pannya enggak harus semata-mata bahwa ini tuh akan ada ang­kutan yang lang­sung jadi, tapi bisa ditang­kap peluang oleh para pelaku industri di Garut bahwa KAI bekerja sama dengan mitra siap me­ngang­kut semua komo­diti yang ada di Garut,” katanya.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Terus Berdoa agar Putranya, Eril Bisa Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

Ia ber­harap dengan adanya pe­ngi­riman barang melalui kereta api bisa ikut serta memajukan Kabupaten Garut, terutama di angkutan logistik.

“Harapannya pasti kita ingin ikut memajukan Garut ya, terutama di angkutan logistik yang tentunya itu ju­ga akan menjadikan nilai tambah buat kami di kereta,” terangnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: