Tol Gedebage-Tasikmalaya Selesai 2024, Kawasan Singaparna Harus Ditata dan Jalan Lingkar Secepatnya Dibangun

Tol Gedebage-Tasikmalaya Selesai 2024, Kawasan Singaparna Harus Ditata dan Jalan Lingkar Secepatnya Dibangun

Radartasik.com, TASIK — Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya harus segera merealisasikan beberapa hal untuk menyambut pembangun Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).


Proyek Tol Getaci akan memulai pembebas lahan pada tahun 2022 dan pembangunan tahap pertama: Gedebage-Tasikmalaya diproyeksikan tuntas 2024. 

Kabupaten Tasikmalaya perlu segera mempersiapkan diri menyambut tol tersebut. Diantaranya dengan penataan pusat ibu kota, merealisasi pemindahan pasar dan terminal termasuk jalan lingkar.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Apip Ifan Permadi SPdI MIPol mengatakan saat ini pihaknya terus mendorong segera adanya penataan pusat ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya yakni Singaparna. Saat ini kondisinya betul-betul crowded dari aktivitas masyarakat dan kendaraan. 

"Itu harus segera ada solusi. Jangan sampai ketika tol ada, apalagi exit tol di Kecamatan Singaparna lebih crowded," ujarnya kepada radartasik.com, Sabtu (15/1/2022).

Melihat kondisi itu, kata Apip Ifan Permadi menyarankan agar ada adanya langkah nyata dari Pemkab Tasikmalaya dalam bentuk kebijakan, baik merealisasikan relokasi pasar ataupun pembangunan jalan lingkar. 

Apalagi, kata Apip, rencana keduanya itu sudah digagas sejak lama "Saya kira gagasan itu harus mulai dipikirkan kembali," ungkap Apip.
 
Apip menilai, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya juga harus segera merespons infrastruktur di pusat kota Kabupaten Tasikmalaya agar tidak seperti saat ini. Selalu terjadi kemacetan kendaraan setiap pagi dan sore hari. 

"Itu juga harus sudah dipikirkan saat ini agar tidak lebih macet," kata Apip mengingatkan.

Apip meyakini, dengan adanya exit tol di Kecamatan Singaparna, jika tidak segera ditangani, maka akan lebih memperparah kemacetan di pusat ibu kota itu. Termasuk, kalau tidak ada pemecah arus lalu lintas, seperti Jalan Lingkar. 

"Bisa kita bayangkan dengan tidak ada jalan lingkar itu, betapa macetnya pusat ibu kota itu," ujar politisi senior PPP ini.

Apip berharap, kebijakan penataan kawasan ibu kota kabupaten Tasikmalaya dan pembangunan Jalan Lingkar segera diambil oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk mencari solusi di pusat kota kabupaten Tasikmalaya. "Saya minta segera ambil kebijakan itu," ujar Apip. (ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: