Di Kota Banjar, Anak-Anak Diajak Naik Bus Wisata Rangginang dan Patroli Polisi agar Tertarik Divaksinasi

Di Kota Banjar, Anak-Anak Diajak Naik Bus Wisata Rangginang dan Patroli Polisi agar Tertarik Divaksinasi

Radartasik.com, BANJAR — Sungguh kreatif. Di Kota Banjar, menggaet anak-anak agar tertarik mengikuti vaksinasi, petugas lapangan dan Polres Banjar mempunyai ide dan terobosan unik juga menarik. 


Mereka mengajak anak-anak SDN 1 Hegarsari Kota Banjar naik bus wisata Rame-rame Ngiring Senang atau disingkat mobil Rangginang dan patroli polisi ke tempat pelaksanaan vaksinasi anak di sekolah tujuan, Kamis (13/1/2021). 

"Itu upaya petugas agar anak-anak mau divaksin. Itu juga didampingi oleh orang tua masing-masing," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kota Banjar Rusyono SKM MM kepada radartasik.com, Kamis (13/01/2022). 

Mengajak anak-anak naik mobil Rangginang merupakan salah satu terobosan petugas di lapangan untuk memberikan pelayanan ke masyarakat Kota Banjar

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Banjar dr Ika Rika menambahkan, hingga saat ini capaian vaksinasi anak di Kota Banjar sudah mencapai 61,8 persen atau baru sekitar 10.987 anak dari target 17.767. 

"Petugas kesehatan dan dari kepolisian bergerak bersama mengarahkan orang tua agar anak-anaknya mau divaksin usia 6 sampai 11 tahun," imbuhnya.

Vaksinasi anak ini juga merupakan salah satu persyaratan agar pembelajaran tatap muka (PTM) bisa 100 persen dilaksanakan.

Namun petugas di lapangan penuh kendala yang dihadapi agar anak-anak mau divaksin. Terlebih harus ada syarat dan didampingi oleh orang tuanya. 

"Terkait penolakan dari orang tua pasti ada. Maka dari itu harus ada izin dari orang tua dan biasanya takut karena sudah mendengar hoax," tegasnya.

Salah satu upaya menekan hal itu, petugas di lapangan, kata Ika, langsung memberikan edukasi agar masyarakat dan anak-anak mau divaksin. (anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: