Soal Irigasi Padawaras, Masyarakat Menunggu Aksi Nyata DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan UPTD Ciwulan-Cilaki

Soal Irigasi Padawaras, Masyarakat Menunggu Aksi Nyata DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan UPTD Ciwulan-Cilaki

TASIK — Petani di tiga desa di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya masih menunggu aksi nyata dari DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendayagunaan Sumber Daya Air Ciwulan-Cilaki. 

Saat ini, menurut Kepala Desa Padawaras Yayan Suwandi, air irigasi Bendungan Padawaras di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya sudah mengalir, masyarakat di tiga desa masih menunggu adanya aksi nyata dari pihak PSDA, khususnya dari UPTD Ciwulan-Cilaki

"Bahkan dari janji saat beraudiensi, pihak PSDA, DPRD Kabupaten Tasikmalaya akan meninjau langsung ke saluran irigasi pada Rabu (19/1/2022) mendatang untuk memonitoring kerawanan irigasi," kata Yayan Siswandi menjelaskan kepada radartasik.com, Kamis (13/1/2021).

Menurut dia, berdasarkan infromasi terbaru, kenapa air irigasi tersebut tidak dioptimalkan debitnya, selain terhambat oleh tanggul dan saluran ilegal, karena ada satu lokasi bila debit air irigasi dioptimalkan dikhwatirkan akan menyebabkan bencana longsor. Lokasi tersebut berada di Kampung Ciluncat Desa Bantarkalong Kecamatan Cipatujah. 

"Informasinya bila debit air dioptimalkan berpotensi longsor, dan akan berdampak terhadap pemukiman warga, karena posisi saluran besar di atas pemukiman warga," kata Yayan Siswandi.

Melihat kondisi itu, pihaknya menginginkan adanya solusi yang terbaik, dari PSDA, dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya agar masyarakat di lokasi tersebut tidak terdampak bencana, masyarakat di hilir juga mendapat manfaat dengan adanya air irigasi tersebut. 

"Mudah-mudahan secepatnya ada solusi terbaik, sehingga air ini bisa betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat di delapan desa," kata Yayan Siswandi berharap.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Muhammad Hakim Zaman mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengagendakan pertemuan dengan Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto. 

"(Pertemuan) itu sedang kita agendakan, karena saat ini banyak agenda rapat di DPRD, baik Komisi III maupun Komisi II," kata Muhammad Hakim Zaman, Kamis (13/1/2021).

Air Irigasi Padawaras Sudah Mengalir Hanya Belum Maksimal
Saat ini air irigasi dari bendungan Padawaras di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya sudah mengalir kembali, setelah adanya aksi yang dilakukan warga Desa Padawaras, Kertasari dan Sindangkerta, Kamis (13/1/2022). 

Hanya saja aliran alir di irigasi tersebut belum optimal, karena di sepanjang irigasi 27 kilometer itu masih terdapat tanggul dan saluran air ilegal.

Kepala Desa Padawaras, Yayan Siswandi mengatakan, air irigasi saat ini sudah mulai mengalir kembali. Itu menjadi salah satu perkembangan dari buntut adanya audiensi ke kantor DPRD Kabupaten Tasikmalaya pada Selasa (11/1/2022). 

"Alhamdulillah ada perkembangan, air irigasi mulai mengalir, tetapi belum diketahui air tersebut bisa mengairi area pertanian di tiga desa," katanya kepada radartasik.com, Kamis (13/1/2022).

Menurut Yayan Siswandi, air yang mengalir itu, terpantau belum optimal, karena sepanjang irigasi masih terdapat adanya tanggul dan saluran ilegal. 

"Selama itu belum adanya perbaikan. Itu dilakukan oleh masyarakat karena tidak optimalnya pengelolaan air oleh pihak UPTD Ciwulan-Cilaki, makanya masyarakat seperti itu," ungkap Yayan Siswandi. (ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: