Fosil Naga Laut Berusia 180 juta tahun di Inggris Menjadi Penemuan Terbesar dalam Sejarah

Radartasik.com, Ahli paleontologi di Inggris telah menemukan fosil 'naga laut' prasejarah raksasa yang dikenal sebagai ichthyosaurus.

Dengan kerangka 32 kaki (9,8 meter) dianggap sebagai kumpulan fosil terbesar dan terlengkap yang ditemukan di negara ini.

Spesimen, yang ditemukan di dasar reservoir tahun lalu, telah digambarkan sebagai "penemuan yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya" dan menjadi "salah satu penemuan terbesar dalam sejarah paleontologi Inggris."

Tengkorak hewan setinggi enam kaki plus itu saja setelah ditimbang mempunyai  berat satu ton.

Ichthyosaurus, yang biasa disebut 'naga laut' karena gigi dan matanya yang besar, pertama kali muncul sekitar 250 juta tahun yang lalu dan berenang di laut pada masa dinosaurus sebelum punah sekitar 90 juta tahun yang lalu.

Hewan khusus ini diperkirakan hidup sekitar 180 juta tahun yang lalu.

Meskipun sering disalahartikan sebagai dinosaurus berenang, reptil laut karnivora ini dipahami telah berevolusi dari reptil darat yang tidak diketahui jauh sebelum dinosaurus pertama muncul.

Umumnya tubuhnya menyerupai lumba-lumba, spesies ichthyosaurus terbesar bisa tumbuh hingga lebih dari 65 kaki (sekitar 20 meter)  panjangnya.

Spesimen itu diyakini milik spesies yang disebut Temnodontosaurus trigonodon, tetapi pengujian akan mengungkapkan apakah itu mungkin anggota dari cabang yang belum ditemukan.

Fosil Itu ditemukan selama pekerjaan lansekap pada Februari 2021. di sebuah laguna di reservoir Air Rutland yang kemudian dikeringkan dan digali pada bulan September.

“Ketika ahli paleontologi dan tim kami menemukan kerangka lengkap dan mengangkatnya menggunakan traktor, kepalanya sebesar saya, dan tinggi saya 6 kaki (1,8 meter) . Ini adalah binatang yang luar biasa,” kata Joe Davis, yang timnya menemukan spesimen tersebut kepada Daily Mail.

Davis, seorang konservasionis di Leicestershire and Rutland Wildlife Trust, mengatakan bahwa tim awalnya “mengira punggung bukit yang kami lihat di dasar waduk yang berlumpur mungkin hanya pipa.”

Tetapi Dean Lomax, seorang ahli ichthyosaurus yang bekerja untuk menggali fosil, menggambarkannya sebagai "salah satu penemuan terbesar dalam sejarah paleontologi Inggris."

Ia juga menyebut Inggris sebagai "tempat kelahiran ichthyosaurus," Lomax mengatakan kepada BBC bahwa fosil hewan telah "digali di sini selama lebih dari 200 tahun," dan menegaskan bahwa spesimen Rutland adalah yang terbesar yang ditemukan di negara itu hingga saat ini.

Dikutip dari Russian Today, pada tahun 1970-an, dua kerangka tidak lengkap dari spesimen yang jauh lebih kecil ditemukan ketika reservoir Rutland sedang dibangun. (sal)