Artis Hip Hop Kazakh Ditembak Mati

Artis Hip Hop Kazakh Ditembak Mati

Radartasik.comArtis hip-hop Kazakh yang berpengaruh Saken Bitayev tewas di kota Almaty di tengah kerusuhan yang melanda negara itu selama seminggu.


Seorang teman mengkonfirmasi kematiannya di sebuah posting Facebook.  

Pada hari Jumat, Daniyar Adilbekov menulis bahwa Bitayev, seorang sutradara dan musisi film lokal terkemuka, telah menjadi korban kekerasan tersebut.   

“Kemarin di Almaty perampok menembak teman saya Saken Bitayev. Peluru itu mengenai paru-parunya. Saken meninggal seketika, sebelum sempat mendapat perawatan dari ambulans,” kata Adilbekov.   

Penjarah ingin membajak mobil Bitayev, juga dikenal sebagai Staf Salamec, saat itu ia sedang duduk bersama seorang teman. 

Para perampok mencoba untuk merampas kendaraan, di mana Bitayev dan teman-temannya berusaha untuk kabur.   

Menurut Adilbekov, para bandit menembaki mobil yang bergerak dan Bitayev tertembak.   

Bitayev adalah seorang juru kamera dan sutradara, yang juga memulai proyek suara Salamalec untuk mempromosikan hip-hop di Kazakhstan. “Bapak hip-hop Kazakh. Tidak ada rapper tunggal di Kazakhstan yang tidak tahu suara Salamalec, itu adalah gagasannya,” tambah Adilbekov.   

Dia juga mengklaim bahwa orang tua Bitayev tidak dapat membawa pulang jenazahnya karena tidak ada polisi yang bertugas.   

Protes dimulai di Kazakhstan pada 2 Januari, dipicu oleh kenaikan signifikan harga bahan bakar gas cair. Protes telah meningkat meskipun pemerintah memperkenalkan langkah-langkah pengendalian pada harga gas.  

Penjarahan dan kekerasan yang meluas telah terjadi di seluruh negeri. 

Pasukan penjaga perdamaian Rusia dari lima negara sekutu CSTO telah dipanggil untuk memperkuat penegakan hukum Kazakh.   

Dikutip dari Russian Today, pada hari Jumat, Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev mengumumkan bahwa ia telah memberikan izin kepada aparat penegak hukum untuk menggunakan kekuatan mematikan untuk para perusuh. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: