Momen Kapal Perang Angkatan Laut Inggris Menabrak kapal Selam Pemburu Rusia

Momen Kapal Perang Angkatan Laut Inggris Menabrak kapal Selam Pemburu Rusia

Radartasik.comINI adalah momen yang mengejutkan ketika kru kapal perang Angkatan Laut Kerajaan bereaksi terhadap kapal mereka yang menabrak kapal selam Rusia.


HMS Northumberland adalah kapal fregat Tipe 23 angkatan laut Inggris menabrak kapal selam "pemburu-pembunuh" Rusia di Atlantik utara yang dingin pada akhir 2020.

Tabrakan itu, yang diyakini sebagai kecelakaan, terekam dalam film oleh kru TV Channel 5, saat mereka sedang syuting untuk acara Warship: Life At Sea.

Dalam video tersebut, seorang anggota kru terdengar berteriak, "Apa yang baru saja saya dengar?"

Dampak tabrakan itu menyebabkan kerusakan yang cukup besar pada perangkat sonar dan memaksa pasukan Inggris untuk membatalkan misi mereka dan kembali ke pangkalan.

Ini dianggap sebagai tabrakan pertama antara kapal Rusia dan Angkatan Laut Kerajaan sejak Perang Dingin.

Kapal selam Rusia itu sedang melakukan pengintaian 200 mil (322 km) utara Skotlandia ketika kapal Angkatan Laut bergegas mencarinya.

Inggris khawatir Rusia akan mencoba memotong kabel bawah laut yang penting untuk internet dan komunikasi di Inggris.

Angkatan Laut Inggris langsung mengerahkan Fregat Type 23 dengan menggunakan sonar array (kabel yang dilapisi hidrofon) dalam upaya untuk mendeteksi kapal selam asing.

Namun dalam "peristiwa peluang sejuta banding satu" kapal selam itu menabrak kabel sonar yang ditarik di belakang kapal Inggris.

Sebuah sumber Angkatan Laut mengatakan: "Perangkat sonar rusak parah dan tidak dapat digunakan.

Sumber itu, berbicara kepada The Sun, mengatakan bahwa kapal selam itu juga akan rusak dalam kecelakaan itu.

Royal Navy mengatakan telah membayangi sembilan kapal perang Rusia di sekitar Inggris hanya dalam dua minggu pada Desember 2020.

Tom Sharpe, mantan komandan Angkatan Laut Kerajaan HMS St Albans mengatakan: "Pertanyaannya adalah, apakah itu disengaja atau kecelakaan?

"Deteksi kapal dan kapal selam bukanlah ilmu pasti. Itu bisa saja terjadi kesalahan." Katanya.

Sharpe menambahkan: "Ancaman Rusia terhadap komunikasi bawah laut kami adalah nyata, di depan pintu kami dan semakin meningkat."

Seorang juru bicara MOD mengatakan: "Pada akhir 2020, sebuah kapal selam Rusia yang dilacak oleh HMS Northumberland bersentuhan dengan sonar dereknya.

“Angkatan Laut Kerajaan secara teratur melacak kapal dan kapal selam asing untuk memastikan pertahanan Inggris.” Ujar juru bicara tersebut.

Rincian kecelakaan itu muncul ketika Menteri Luar Negeri Liz Truss mengatakan dunia bebas harus bangkit untuk menghadapi ancaman dari Rusia

Sedangkan Kedutaan Rusia di London menolak berkomentar atas insiden tersebut. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: