Bukan Hanya Api, Damkar Juga Jadi Pawang Potong Cicin Nyangkut di Jari

Bukan Hanya Api, Damkar Juga Jadi Pawang Potong Cicin Nyangkut di Jari

Radartasik.com, BANJAR - Lagi, sebuah cincin susah dilepas pada jari. Peristiwa ini bukan kali pertamanya terjadi di Kota Banjar. Kini seorang bocah perempuan berusia 4 tahun mengalami hal serupa. Damkar ambil peran. Bukan hanya menjinakkan api, kali ini petugas memotong cincin yang tersangkut pada jari seorang bocah.

Petugas gabungan Damkar, BPBD dan PMI Kota Banjar tentunya yang menjadi “pawang” dalam insiden seperti ini. Bulan Oktober lalu, insiden menimpa Dewi Budiani. Perempuan 38 tahun itu pun panik karena cincinnya tak bisa dilepas, meski sudah dibuka paksa dengan berbagai cara. 

Kini giliran bocah warga Lingkungan Sukarame Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar. "Iya tadi tim melakukan upaya pelepasan cincin dengan cara memotong menggunakan gurinda kecil," kata Kepala UPTD Damkar Kota Banjar Aam Amijaya kepada radartasik.com, Selasa (04/01/2022).

Cincin hiasan yang terpasang di jari bocah tersebut susah dilepas karena terjadi pembengkakan pada jari anak tersebut. Untuk melepaskan cincin tersebut, bocah malang tersebut diantar ayahnya ke kantor Damkar.

"Anaknya sempat nangis waktu cincinnya dilepas. Katanya mah cincin hiasan, bukan emas. Tapi sudah bisa lepas setelah dipotong," ungkapnya. Proses pemotongan cincin ini pun memakan waktu satu jam. 

Dirinya mengimbau seluruh orang tua agar memantau dan tidak membiarkan anaknya memakai cincin hiasan mainan. Terlebih dalam waktu yang tergolong lama. (anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: