Kane Tanaka, Manusia Tertua di Dunia Saat Ini Berulang Tahun ke-119, Hidup di Lima Kekaisaran Jepang

Kane Tanaka, Manusia Tertua di Dunia Saat Ini Berulang Tahun ke-119, Hidup di Lima Kekaisaran Jepang

Radartasik.com, FUKOUKA — Orang yang paling tertua di dunia saat ini berada di Jepang. Namanya Kane Tanaka. Usianya 119 tahun. Dia berharap ingin memperpanjang rekor satu tahun lagi. Kalau itu terjadi, maka nanti Kane Tanaka akan berusia 120 tahun.


Kane Tanaka menandai pencapaian usia 119 tahun pada hari Minggu (2/1/2021). Dia merayakannya bersama staf di panti jompo, tempat dia tinggal di prefektur Fukuoka, barat daya Jepang.

Guinness Book of Records mengakui status Tanaka sebagai manusia tertua di dunia pada Maret 2019 atau ketika dia berusia 116 tahun. 

Kane Tanaka terus melanjutkan rekornya sebagai manusia tertua di dunia. Dia mencapai rekor usia Jepang tertua sepanjang masa ketika berusia 117 tahun dan 261 hari pada September 2020.

Kane Tanaka lahir pada tahun 1903 atau tahun di mana Wright bersaudara melakukan penerbangan bertenaga pertama mereka. Kane Tanaka juga telah hidup melalui lima pemerintahan kekaisaran Jepang. 

Kane Tanaka, yang lahir enam bulan sebelum George Orwell, merupakan salah satu dari centenarian Jepang. 

Ketika Tanaka menjadi orang tertua di Jepang yang tercatat, dia merayakannya dengan sebotol Coke — minuman favoritnya — dan membuat tanda perdamaian bagi para fotografer.

Meskipun ada pembatasan kunjungan selama pandemi virus corona, dia tetap memiliki kontak terbatas dengan anggota keluarga. 

Kane Tanaka dilaporkan menggunakan gerakan untuk berkomunikasi dengan staf panti jompo dan tertarik pada teka-teki dan permainan papan.

Kane Tanaka merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Dia menikah ketika dia berusia 19 tahun dan membantu menjalankan toko mie keluarga. Itu setelah suami dan putra sulungnya pergi berperang dalam perang Tiongkok-Jepang kedua, yang dimulai 1937.

Cucu Kane Tanaka kini berusia 62 tahun. Namanya Eiji. Dia ingin memberi selamat kepada neneknya itu secara langsung dan sesegera mungkin. 

“Saya harap dia tetap sehat dan bersenang-senang setiap hari seiring bertambahnya usia,” Kyodo mengutip ucapannya seperti dilansir dari The Guardian. (usep saeffulloh/radartasik.com)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: