50 Kios Pasar Tenggogo Ciamis Terbakar

50 Kios Pasar Tenggogo Ciamis Terbakar

radartasik.com, CIAMIS — Sebanyak 50 los atau kios di Pasar Tenggogo Dusun Banjarharja RT 007 RW 002 Desa Kertajaya Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis terbakar, Sabtu (1/1/2022) sekitar pukul 13.00.


Dari kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil. Diduga api berasal dari korsleting listrik.

Kepala UPT Damkar Ciamis Wawan mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui oleh pedagang setempat yang bernama Budi dan Mardikun.

Kebetulan keduanya sedang berada di lingkungan pasar Tenggogo dan melihat ada asap dari bangunan los milik saksi Iroh.

Selanjutnya, Budi dan Mardikun berteriak, warga pun datang untuk bersama-sama memadamkan api tersebut.

“Namun api sulit dipadamkan, sehingga kami dapat informasi langsung terjun ke lokasi kejadian. Kami cepat memadamkan api hingga tertangani,” terangnya.

Wawan menjelaskan, api tersebut cukup besar karena banyak material yang mudah terbakar. Makanya pasar pun rata dengan tanah, bahkan banyak kerugian materil karena ada 50 los yang terbakar.

“Untuk pemeriksaan awal sumber api dari korsleting listrik dari los Iroh yang akhirnya merembet ke semua los,” paparnya.

Untuk sementara dugaan dari kabel yang korsleting hingga menimbulkan retakan dan merembet ke bangunan yang mudah terbakar.

Keterangan warga sekitar Bubi, ia sedang di dalam pasar beres-beres, lalu melihat ada api di los Iroh yang menyala.

“Akhirnya kami inisiatif memadamkan api bersama warga lain, sambil menunggu pihak Damkar Ciamis. Jadi baru kali ini pasarnya kebakaran, saya benar-benar tidak menyangka,” katanya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: