UPK se-Kabupaten Tasikmalaya Genjot Percepatan Vaksinasi

UPK se-Kabupaten Tasikmalaya Genjot Percepatan Vaksinasi

radartasik.com, SINGAPARNA - Unit Pengelola Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK-DAPM) se-Kabupaten Tasikmalaya ikut serta dalam membantu percepatan cakupan vaksinasi dalam upaya pencegahan Covid-19.


Vaksinasi yang dilaksanakan secara door to door ke rumah-rumah warga, sehingga mempermudah masyarakat dalam mengikuti vaksinasi.

Ketua Asosiasi UPK Kabupaten Tasikmalaya Asep Septuna ST mengatakan, setelah audiensi dan bertemu dengan bupati Tasikmalaya, UPK diminta untuk membantu di lapangan dalam rangka percepatan vaksinasi.

Maka dari itu, pihaknya merespons dengan baik dan langsung merealisasikannya.

“Walaupun sebelumnya kita sudah bergerak dengan cara yang berbeda. Untuk kegiatan vaksinasi massal kita bekerja sama dengan kecamatan," kata Asep kepada Radar, kemarin.

Sasarannya, kata dia, lebih kepada anggota atau kelompok yang merupakan binaan dari UPK, dengan memberikan kesadaran untuk mengikuti vaksinasi. Karena itu salah satu upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Di lapangan, kader-kader kita dari UPK di setiap kecamatan mengantar satgas kecamatan dan puskesmas door to door ke rumah warga," paparnya.

Peran UPK, lanjut dia, selain mendampingi tim vaksinasi dari puskesmas ke lapangan, juga sedikit membantu untuk konsumsi alakadarnya untuk makan para tenaga medis.

“Sebelumnya memang masih ada beberapa kecamatan yang di bawah 60 persen capaian vaksinasinya. Mudah-mudahan sekarang sudah mencapai 70 persen," paparnya.

Sekretaris Asosiasi UPK Kabupaten Tasikmalaya Dede Yana Juanda menambahkan, tim UPK dan kader di lapangan bergerak di seluruh 39 kecamatan door to door bersama puskesmas ke rumah warga untuk vaksinasi.

“Untuk jumlah anggota di lapangan sendiri, kita memang sifatnya koordinasi dengan kader di bawah. Dan kita support langsung karena mereka aktif di kader posyandu dan kader kesehatan lainnya," tambah dia.

Dia menambahkan, UPK Kabupaten Tasikmalaya intinya ikut menyukseskan capaian vaksinasi di Kabupaten Tasikmalaya. Dan ada informasi bahwa Kabupaten Tasikmalaya sudah mencapai 70 persen capaian vaksinasinya per 30 Desember ini. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: