Kelelawar yang Dianggap Punah Ditemukan Bersembunyi di Terowongan

Kelelawar yang Dianggap Punah Ditemukan Bersembunyi di Terowongan

Radartasik.com, AKTIVIS pelestarian hewan punya alasan untuk bersukacita bulan ini, setelah salah satu kelelawar besar terakhir yang diketahui di Inggris terlihat berhibernasi di Sussex.

Pencarian untuk menyelamatkan spesies Kelelawar bertelinga tikus yang hampir punah itu kini telah dimulai dengan sungguh-sungguh.

Diyakini sebagai hewan paling penyendiri di negara itu, kelelawar yang dijuluki “Lonely Joe” terakhir terlihat pada 2019.

Kekhawatiran telah meningkat atas nasib spesies tersebut, karena ia dianggap sebagai yang terakhir selamat di dunia.

Namun, hewan paling kesepian di negara itu telah terlihat selama Natal, Daily Mail melaporkan pada hari Rabu (29/12/2021).

Pencarian pasangan untuk Lonely Joe kini telah dimulai. Para pecinta binatang diminta untuk mewaspadai kelelawar besar, yang terbesar dari 11 spesies kelelawar di Inggris, bentangan sayapnya hampir 50cm saat terbang.

Dikutip dari Russian Today, Kelelawar laki-laki soliter pertama kali ditemukan pada tahun 2002. Dia diyakini telah lahir tahun itu, membuatnya hampir berusia 20 tahun sekarang.

Namun, untuk spesiesnya, dia sebenarnya tidak setua itu, karena kelelawar bertelinga tikus yang lebih besar dapat hidup hingga 35 tahun.

Kelelawar itu diperiksa dengan hati-hati sekali pada tahun 2007, ditemukan dalam keadaan sehat, menurut The Guardian, tetapi pemeriksaan bagian pribadinya menunjukkan dia tidak pernah aktif secara seksual.

Selama banyak musim dingin, dia telah berhibernasi di terowongan gelap yang sama di Sussex. Lokasi persisnya dirahasiakan, agar tidak mengganggunya.

Karena mengganggu kelelawar di tengah hibernasi dapat mengancam jiwa spesies tersebut.

Sementara Lonely Joe tergantung tak bergerak di tempat persembunyiannya selama hampir lima bulan setiap musim dingin, berada dimana ia menghabiskan sisa tahun itu tetap tidak diketahui.

Para peneliti mempertimbangkan untuk memasang tanda padanya, tetapi memutuskan sebaliknya agar tidak mengganggunya. Fakta bahwa ia hanya terbang di malam hari adalah masalah lain, karena tanda semacam itu bisa digunakan terutama pada burung yang bermigrasi. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: