Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Pakaian yang Terkontaminasi, Berikut Cara Pencegahannya

Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Pakaian yang Terkontaminasi, Berikut Cara Pencegahannya

Radartasik – Negara-negara tengah cemas oleh penyebaran cacar monyet atau monkeypox. Saat ini, penyakit tersebut menyebar di negara Eropa seperti Inggris, Portugal dan Spanyol.

Cacar monyet juga tak hanya menyerang tiga negara Eropa itu saja, melainkan Prancis juga terdapat kasus yang terdeteksi di wilayah Paris/Ile-de-France.

Laporan tersebut dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan Prancis, Jumat 20 Mei 2022, di tengah tanda-tanda penyebaran virus di sekitar dunia.

Virus cacar monyet ini menyebar melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit.

Penularan juga bisa melalui benda yang terkontaminasi, misalnya pakaian penderita. Meski begitu, penularan antarmanusia ini terbatas dan membutuhkan kontak yang lama.

Dikutip dari Alodokter, ciri-ciri penderita penyakit cacar monyet memiliki gejala yang serupa dengan cacar air, yaitu bintil berair.

Seiring perkembangan penyakit, bintil berair berubah menjadi bernanah dan menimbulkan benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan, akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala awal cacar monyet dapat berlangsung selama 1–3 hari atau lebih. Setelah itu, ruam akan muncul di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti lengan atau tungkai.

Ruam yang muncul akan berkembang dari bintil berisi cairan hingga berisi nanah, lalu pecah dan berkerak, kemudian menyebabkan borok di permukaan kulit. Ruam ini akan bertahan hingga 2–4 minggu.

Seperti dilaporan Reuters, cacar monyet dalam menyebabkan beberapa gejala seperti demam hingga ruam bergelombang yang khas.

Skala ruam yang dialami penderita disebut ringan, meski begitu terdapat dua jenis utama dari virus satu ini, di antaranya:

1. Jenis Kongo, yang lebih parah dengan tingkat kematian hingga 10 persen

2. Jenis Afrika Barat, yang memiliki tingkat kematian pada sekitar 1 persen kasus.

Cara Pencegahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id