Ilmuwan Sebut Ichthyosaurus Sebagai Predator Laut Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

Radartasik.com DALAM periode dan sistem geologi modern kita, Neogen, cetacea adalah hewan terbesar yang diketahui di Bumi, tetapi temuan baru dari ahli paleontologi dapat mengubah gambaran makhluk terbesar yang pernah hidup secara terbalik.

Makhluk laut raksasa dari era dinosaurus awal telah menunjukkan bahwa spesies ichthyosaurus (Ichthyosauria adalah keluarga reptil laut berukuran raksasa yang menyerupai ikan dan lumba-lumba. Mereka hidup selama era Mesozoikum; berdasarkan rekaman fosil, kelompok ini pertama kali muncul sekitar 245 juta tahun yang lalu, kemudian punah sekitar 90 juta tahun yang lalu) berevolusi ke proporsi yang sangat besar dengan sangat cepat, jauh lebih cepat daripada ikan paus sang raja lautan saat ini, menurut penelitian baru yang diterbitkan di majalah Science.

Menurut penelitian terbaru, ichthyosaurus berkembang menjadi ukuran besar dalam jangka waktu hanya 2,5 juta tahun.

Dalam perspektif evolusi, paus membutuhkan waktu mengambil hampir 90% dari evolusi 55 juta tahun mereka untuk mencapai ukuran besar sedangkan ichthyosaurus berevolusi menjadi 1% pertama dari evolusi 150 juta tahun mereka.

“Kami menggambarkan seekor ichthyosaurus dengan tengkorak sepanjang 2 meter dari Fossil Hill Fauna sebagai spesies baru Cymbospondylus . Saat ini, ini adalah tetrapoda terbesar yang diketahui pada masanya, di darat atau di laut, dan yang pertama di dunia. serangkaian raksasa laut," kata pengantar studi tersebut.

Dikutip dari Sputnik, menurut Lars Schmitz, seorang profesor biologi di Scripps College di Claremont, California, mengatakan  bahwa "ichthyosaurus berevolusi gigantisme jauh lebih cepat daripada paus."

"Ini adalah secercah harapan yang bagus dan tanda ketahanan kehidupan, jika kondisi lingkungan tepat, evolusi dapat terjadi dengan sangat cepat, dan kehidupan dapat bangkit kembali," katanya.

Fosil ichthyosaurus prasejarah ditemukan di Pegunungan Augusta di timur laut Nevada pada tahun 1998 oleh para peneliti.

"Hanya beberapa tulang belakang yang mencuat dari batu, tapi jelas hewan itu besar," tambah Schmitz.

Tim peneliti berhasil menggali sepenuhnya fosil berharga hanya pada tahun 2015, dan apa yang tersisa dari raksasa laut termasuk tengkorak, bahu, dan embel-embel seperti sirip, yang semuanya dengan hati-hati diangkut ke Museum Sejarah Alam Los Angeles County, di mana ia diproses dan dipelajari.

Spesies baru itu diberi nama Cymbospondylus youngorum oleh para peneliti.

Sebaliknya, paus menjadi besar dengan memakan produsen primer yang sangat produktif, seperti plankton, tetapi ini tidak ada dalam sistem makanan zaman dinosaurus, menurut penelitian tersebut.

Terlepas dari kenyataan bahwa paus dan ichthyosaurus menempuh jalur dan waktu yang berbeda untuk mencapai gigantisme, masih ada beberapa kesamaan antara kedua kelompok hewan tersebut.

Para peneliti menemukan hubungan antara ukuran besar dan cara berburu makanan, mirip seperti paus sperma menyelam untuk membunuh cumi-cumi raksasa, serta hubungan antara ukuran besar dan kehilangan gigi, mirip dengan bagaimana paus pemakan filter raksasa tidak bergigi. (sal)