Longsor di Cilawu Sempat Putus Akses Tasikmalaya-Garut

Longsor di Cilawu Sempat Putus Akses Tasikmalaya-Garut

Radartasik.com, GARUTAkses dari Tasikmalaya menuju Garut maupun arah sebaliknya sempat putus pada Sabtu (25/12/2021) mulai pukul 14.30 WIB.


Penyebabnya, jalan provinsi yang menghubungkan Tasik dengan Garut, tepatnya di Desa Sukamaju Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, tertimbun longsor.

Berdasarkan pantauan, jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda dua apalagi roda empat. Praktis terjadi kemacetan panjang dari kedua arah.

Dari arah Garut, kemacetan tampak dari perempatan Sukadana sampai depan Rumah Makan Megawati, Cigarungsang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut sempat mengalami kesulitan untuk membersihkan material longsor. Sebab, alat berat yang hendak meluncur ke lokasi malah mogok.

Kendati begitu, material longsor berhasil dibersihkan dari badan jalan, sehingga untuk sementara jalan sudah bisa dilalui.

Camat Cilawu Merkarwati menjelaskan longsor terjadi akibat intensitas hujan sangat tinggi pada siang pada pukul 12.30 WIB.

Dia mengaku kondisi cuaca dan kewaspadaan sudah mendapatkan peringatan dini dari BMKG Kabupaten Garut. Bahkan, di Kecamatan Cilawu banyak daerah rawan longsor.

”Di sini memang tekstur tanahnya gembur, dan banyak lahan pertanian milik warga,” kata Camat Mekarwati.

Dia mengimbau kepada seluruh kepala desa di Kecamatan Cilawu agar selalu mengingatkan warganya jika terjadi hujan deras. Khususnya, warga desa yang tinggal di lereng perbukitan. (cat/Jabar Ekspres)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: