Survei: Tingkah Pengguna Zoom Sepanjang 2021 Aneh-aneh

Survei: Tingkah Pengguna Zoom Sepanjang 2021 Aneh-aneh

Radartasik.com — Di masa pandemi Covid-19 yang melanda hampir dua tahun ini, popularitas platform atau aplikasi pertemuan virtual atau video conference seperti Zoom melejit pamornya. Hal ini jelas dikarenakan aturan pembatasan yang memaksa banyak orang termasuk para pekerja dan pelajar untuk melakukan aktivitasnya hanya dari rumah.

Untuk Zoom, baru-baru ini mereka merilis temuan kebiasaan pengguna mereka di seluruh dunia sepanjang tahun 2021. Zoom mengungkapkan bahwa tingkah polah pengguna mereka aneh-aneh saat menggunakan aplikasi tersebut.

Zoom melakukan survei secara global. Kemudian, mereka menggabungkan hasilnya dengan tim internalnya sendiri untuk menunjukkan bagaimana mereka sesungguhnya menggunakan Zoom.

Meski tak menyebut berapa responden yang terlibat, survei membuktikan bahwa lebih dari setengah pengguna mereka atau 53 persen penggunanya berpendapat tidak apa-apa dan wajar jika kita makan sambil mendengarkan rapat online.

Lalu sebanyak 42 persen lainnya mengatakan mereka melakukan panggilan video call dari tempat tidur mereka, dan lebih dari seperempat atau 26 persen mengatakan mereka hampir tidak pernah mandi sebelum melakukan Zoom meeting.

Mulai periode 15 November 2020 hingga 15 November 2021, hasil survei Zoom juga menemukan bahwa Rabu adalah hari paling populer dalam seminggu untuk melakukan panggilan Zoom, dan Selasa, Kamis menyusul di urutan berikutnya. Durasi rata-rata panggilan Zoom adalah 54 menit dengan rata-rata ukuran pertemuan adalah 10 peserta.

“Kami menarik beberapa metrik penggunaan anonim, mengirimkan survei, dan mengumpulkan banyak data untuk melihat bagaimana orang terhubung menggunakan Zoom tahun lalu,” tulis perusahaan di blog resminya.

Pada survei yang dilakukan selama 12 bulan, dari 15 November 2020 sampai 15 November 2021 itu, Zoom juga mencoba mengidentifikasi beberapa norma dalam pertemuan, yang mungkin terkait dengan para pengguna Zoom, misalnya melambaikan tangan di akhir pertemuan.

Zoom juga mengklaim bahwa aplikasinya sudah digunakan di hampir 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. Di 2021, beberapa hari tersibuk di Zoom adalah: 21 Januari (untuk pertemuan virtual), 21 September (untuk panggilan telepon), dan 25 Februari (untuk webinar).

Dari lokasi pertemuan, 42 persen mengaku melakukan Zoom dari kasur, 21 persen saat berjalan atau jogging, dan 11 persen dari transportasi umum.

Terungkap juga beberapa kelakuan pengguna yang terkait dengan bagaimana mereka di luar kamera.

Sebanyak 43 persen responden mengatakan hanya membersihkan bagian ruangan yang terlihat di kamera. Sementara, 43 persen juga meminta anaknya datang saat sedang rapat.

Lalu, 39 persen pengguna juga melakukan obrolan sampingan private bersama dengan teman atau kolega mereka hanya untuk membuatnya tertawa, dan 36 persen mengatakan hewan peliharaan mereka muncul ketika sedang rapat. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: