Emak-emak Penerima PKH Dilatih Manfaatkan Limbah Plastik Jadi Kerajinan yang Bernilai Ekonomis

Emak-emak Penerima PKH Dilatih Manfaatkan Limbah Plastik Jadi Kerajinan yang Bernilai Ekonomis

Radartasik.com, BANJAR - Ibu-ibu alias emak-emak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman mengikuti pelatihan membuat kerajinan yang berasal dari bahan limbah plastik yang sulit didaur ulang. 

Koordinator Kota (Korkot) PKH Banjar Rahmat Dianto mengatakan pelatihan tersebut diadakan untuk meningkatkan keterampilan ibu-ibu penerima KPM dalam membuat kerajinan dengan memanfaatkan limbah plastik. 

"Untuk saat ini kita fokus memberikan pelatihan menganyam, seperti membuat tas dan tikar. Dan pelatihan ini diikuti 19 ibu-ibu penerima KPM PKH," ujar Rahmad kepada radartasik.com, Sabtu (18/12/21). 

Rahmad berharap pun Pemerintah Kota Banjar dapat ikut berpartisipasi dan mendorong agar ibu-ibu KPM PKH bisa mandiri dengan membuat kerajinan yang berasal darti limbah plastik tersebut. 

Sementara itu, Koordinator Pejuang Muda Kemensos Kota Banjar, Mulyani mengatakan pelatihan ini dilaksanakan untuk mendorong ibu-ibu penerima KPM agar bisa graduasi. Namun tentunya dengan syarat yang harus dipenuhi. 

"Kami berharap dengan adanya pelatihan mengayam dengan bahan dari limbah palastik ini bisa menjadikan ibu-ibu PKM bisa miliki penghasilan tambahan," tuturnya.  

Mulyani pun mengungkapkan adanya kehadiran bank sampah di daerah tersebut akan semakin mendukung para ibu-ibu dalam membuat kerajinan yang lebih bermanfaat sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. 

"Mereka (ibu-ibu) yang dilatih ini berasal dari bank sampah Kemangi Kecamatan Langensari, dengan memanfaatkan limbah plastik yang berhasil dikumpulkan," ujarnya.  (anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: