Liverpool vs Newcastle: Jadikan Ladang Pembantaian

Liverpool vs Newcastle: Jadikan Ladang Pembantaian

Radartasik.com, LIVERPOOL — Liverpool akan menjamu Newcastle United pada pekan ke-17 Premier League musim 2021/2022 di Anfield Stadium, Jumat (17/12/2021) pukul 03.00 WIB.

Pada laga itu, Liverpool akan memburu kemenangan ke delapan mereka secara beruntun. Bukan hanya menang, Liverpool harusnya bisa menjadikan laga ini sebagai panggung pembantaian.

Rekaman pertemuan kedua klub menunjukkan Newcastle hanya kerikil kecil bagi Liverpool. Dalam 21 pertandingan kandang terakhir melawan Newcastle di semua kompetisi, Liverpool tidak sekali pun menelan kekalahan.

Sebaliknya, Newcastle datang ke Anfield Stadium dengan bekal sangat buruk. The Magpies, julukan Newcastle, hanya memenangkan satu dari 16 pertandingan terakhir mereka di Premier League. Paling anyar, pasukan Eddie Howe digasak Leicester City dengan skor 4-0.


Sepak bola memang selalu dipenuh drama serta kejutan. Akan tetapi, statistik juga sangat sahih dalam memprediksi kemungkinan hasil pertandingan. Dan, laga nanti seharusnya menjadi milik Liverpool sepenuhnya.

Liverpool yang menang 1-0 atas Aton Villa tentu saja memang wajib memenangi pertandingan ini. Selain karena ini laga kandang, tiga angka juga sangat mereka butuhkan untuk bersaing di jalur juara.

Menyusul kemenangan 7-0 atas Leeds United, Selasa lalu, pemuncak klasemen sementara, Manchester City mampu memperlebar jarak menjadi empat angka di atas Si Merah. Kalau ingin terus memberi tekanan, anak asuh Juergen Klopp harus kembali memangkas jarak.


”Kami hanya harus memastikan dalam periode seperti ini kami memenangkan setiap pertandingan yang kami bisa. Ini mungkin waktu yang paling penting tahun ini bagi kami,” kata bek Liverpool Trent Alexander-Arnold di situs resmi The Reds.

”Permainan datang dengan cepat dan satu atau dua pertandingan di mana Anda tidak mendapatkan kemenangan, Anda benar-benar mendapatkan hukuman untuk itu. Kami sudah baik sejauh ini. Kita harus terus berjalan,” sambung dia.

Bek sayap lainnya, Andy Robertson juga mengingatkan pentingnya terus melanjutkan tren kemenangan mereka dalam perburuan gelar musim ini. ”Ini semua tentang mengambil tiga poin, terutama pada periode musim saat ini,” ujar dia.


Sementara itu Manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan kepada anak asuhnya bahwa mereka harus bisa bermain bagus sepanjang 90 menit. Saat menghadapi Aston Villa, Klopp menyebut timnya sempat mengalami penurunan performa di 15 menit akhir laga.

Ia juga berharap anak asuhnya bisa mempertahankan clean sheet. ”Jika skuat ini, tim ini bertahan di level tertinggi, kami selalu memiliki peluang untuk mencetak gol. Kami juga bisa lebih baik di sekitar umpan terakhir, pengambilan keputusan kami harus bisa lebih baik,” tegas sang pelatih.

Dari kubu Newcastle, terpuruk di posisi 19 dengan hanya mengantongi 10 angka membuat mereka harus tampil habis-habisan untuk mencuri poin di Anfield. Namun, sekali lagi, itu tidak akan menjadi pekerjaan mudah.


Dengan hanya meraih tiga poin dari kemungkinan 24 angka dalam laga tandang musim ini, statistik away Newcastle adalah yang terburuk di Premier league 2021/2022. Mereka juga hanya mencetak lima gol di kandang lawan sepanjang musim.

Tapi hasil imbang 1-1 di Anfield musim lalu bisa sedikit menambah spirit anak asuh Eddie Howe. ”Kami jelas perlu melakukan hal-hal yang lebih baik di Liverpool daripada yang kami lakukan di Leicester dari sudut pandang defensif,” kata Howe di Liverpool Echo.

Top skor Newcastle Callum Wilson menambahkan kekalahan memalukan di King Power harus mereka lupakan. ”Kami harus bersiap-siap. Pertandingan besar memberi Anda kesempatan untuk memperbaikinya,” tegas Wilson kepada nufc.co.uk.


”Kami tahu Liverpool dan tentang mereka, tetapi kami akan berhadapan dengan siapa pun dan kami tidak pergi ke sana dengan pola pikir di mana kami sudah dikalahkan. Kami harus mengambil poin dari tim-tim besar dan kami bisa memulainya pada hari Kamis,” lanjut dia.

Tim tamu tidak punya masalah pemain dengan hanya Paul Dummett yang dipastikan absen karena masalah betis. Sedangkan Liverpool, mereka masih tanpa Nat Phillips, Curtis Jones, dan Harvey Elliott.

Dengan Divock Origi dan Roberto Firmino kembali berlatih, Klopp bisa mengatur menit bermain pemainnya sebagai persiapan menghadapi Tottenham Hotspur di akhir pekan. (amr/fajar)

Prakiraan Pemain
Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Tsimikas; Keita, Fabinho, Henderson; Salah, Jota, Mane
Newcastle United (5-4-1): Dubravka; Manquillo, Schar, Clark, Lascelles, Lewis; Saint-Maximin, Hayden, Shelvey, Joelinton; Wilson

Head to head
- 24/04/21 Liverpool 1-1 Newcastle United
- 30/12/20 Newcastle United 0-0 Liverpool
- 26/07/20 Newcastle United 0-3 Liverpool
- 14/09/19 Liverpool 3-1 Newcastle United
- 04/05/19 Newcastle United 2-3 Liverpool

Lima pertandingan terakhir Liverpool
- 08/21/21 AC Milan 1-2 Liverpool
- 04/12/21 Wolverhampton Wanderers 0-1 Liverpool
- 01/12/21 Everton 1-4 Liverpool
- 27/11/21 Liverpool 4-0 Southampton
- 24/11/21 Liverpool 2-0 FC Porto

Lima pertandingan terakhir Newcastle United
- 12/12/21 Leicester City 4-0 Newcastle United
- 04/12/21 Newcastle United 1-0 Burnley
- 30/11/21 Newcastle United 1-1 Norwich City
- 27/11/21 Arsenal 2-0 Newcastle United
- 20/11/21 Newcastle United 3-3 Brentford

Pemain Kunci

Liverpool

Top Ratings
- Mohamed Salah: 8.02
- Trent Alexander-Arnold: 7.69
- Sadio Maner: 7.29

Top Goals
- Mohamed Salah: 14
- Diogo Jota: 8
- Sadio Mané: 7

Top Assists
- Mohamed Salah: 9
- Trent Alexander-Arnold: 7
- Andrew Robertson: 4

Newcastle United

Top Ratings
- Allan Saint-Maximin: 7.16
- Joelinton: 6.7
- Callum Wilson: 6.68

Top Goals
- Callum Wilson: 6
- Allan Saint-Maximin: 3
- Jeff Hendrick: 1

Top Assists
- Allan Saint-Maximin: 3
- Matt Ritchie: 2
- Javier Manquillo: 2

Rekor Kandang Liverpool
- Pertandingan: 8
- Menang: 5
- Imbang: 3
- Kalah: 0
- Gol: 19
- Kebobolan: 5
- Clean sheet: 5
- Rata-rata gol: 2,38
- Rata-rata kebobolan: 0,62
- Rata-rata gol pertama: 34 menit
- Rata-rata kebobolan pertama: 44 menit
- Gagal mencetak gol: 0
- Kemenangan terbesar: 4-0
- Kekalahan terbesar: —

Rekor Tandang Newcastle United
- Pertandingan: 8
- Menang: 0
- Imbang: 3
- Kalah: 5
- Gol: 5
- Kebobolan: 17
- Clean sheet: 0
- Rata-rata gol: 0,62
- Rata-rata kebobolan: 2,12
- Rata-rata gol pertama: 50 menit
- Rata-rata kebobolan pertama: 44 menit
- Gagal mencetak gol: 3
- Kemenangan terbesar: —
- Kekalahan terbesar: 4-0

Fakta Kunci

- Liverpool tidak terkalahkan dalam 21 pertandingan kandang terakhir melawan 
  Newcastle di semua kompetisi.

- Liverpool tidak terkalahkan dalam 25 dari 26 pertandingan terakhir mereka di 
  Premier League.

- Liverpool tidak kebobolan dalam 3 pertandingan kandang terakhir mereka di 
  Premier League.

- Newcastle United gagal memenangkan 15 dari 16 pertandingan terakhir 
  mereka di Premier League.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: