Publikasi Jurnal Internasional Indonesia Meningkat 600 Persen

Publikasi Jurnal Internasional  Indonesia Meningkat 600 Persen

radartasik.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat, jumlah publikasi jurnal internasional di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dari yang sebelumnya 8.000 publikasi per tahun, pada 2021 ini menjadi 50 ribu publikasi per tahun.


“Kita lihat lima sampai enam tahun terakhir ini produktivitas publikasi internasional kita meningkat luar biasa, lebih enam kali lipat artinya 600 persen dalam enam tahun,” kata Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam, Sabtu (11/12/2021)

Nizar menyayangkan, banyaknya jumlah publikasi itu masih mendapat cibiran dari sejumlah pihak. Karena minimnya sitasi dari jurnal yang dipublikasikan tersebut. Namun, kata dia, hal itu tidak perlu dipermasalahkan. Sebab, 50 ribu publikasi tersebut baru keluar tahun ini.

“Bagaimana kita mau sitasi. Orang pun belum kenal dengan publikasi di Indonesia. Hanya memang penyakit kita menyitasi karya teman itu enggan. Padahal itu teman di laboratorium kita, teman di sebalah lab kita, teman kita tidak melihat karya kita baik untuk di quote sebagai capaian penelitian,” terangnya.

Untuk itu, Nizar mengajak agar para peneliti saling bersinergi dan berkolaborasi. Kolaborasi antarinstitusi, laboratorium dan antarperguruan tinggi dan fakultas juga perlu dilakukan. “Semangat itu yang perlu kita jaga terus,” ujarnya.

Terlebih lagi, Nizam mengingatkan agar publikasi ilmiah juga harus memperhatikan relevansi terhadap kebutuhan masyarakat. Sebab tidak ada artinya jika publikasi banyak tapi tak memiliki kemanfaatan bagi masyarakat.

“Kita mungkin 50 ribu publikasi tapi berapa persen yang menjawab kebutuhan masyarakat, relevan menjawab masalah UMKM, petani,” pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: