HMI Soroti Liburan Diskominfo, Kadis: Itu Menggunakan Iuran Masing-Masing Pegawai

HMI Soroti Liburan  Diskominfo, Kadis: Itu Menggunakan Iuran Masing-Masing Pegawai

radartasik.com, CIAMIS - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis menyoroti liburan yang dilakA­sanakan Diskominfo Kabupaten Ciamis ke Dieng Jawa Tengah pada 10-12 Desember 2021. Padahal, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya selalu mewanti-wanti untuk tidak berlibur agar menghindari lonjakan Covid-19.


Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda HMI Cabang  Ciamis Siraj Naufal Mikdar mengatakan, pihaknya cukup menyayangkan adanya pelesiran Diskominfo di tengah kondisi pandemi Covid-19. Bahkan, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun terus-terusan mengimbau untuk tidak berlibur, hal itu supaya tidak ada lonjakan kasus Covid-19.

“Bahkan kita ketahui bersama menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pemerintah sudah mengimbau untuk tidak bepergian jauh keluar kota dan berkerumun, hal itu untuk menghindari terjadinya gelombang kasus Covid-19,” ujar dia kepada Radar, Minggu (12/12/2021).

Kemudian, kata dia, yang disayangkan juga foto-foto pelesiran Diskominfo beredar di media sosial. Apalagi dalam foto-foto beredar juga ada yang tidak menggunakan masker. “Seharunya ASN memberi contoh bagi masyarakat dalam menerapakan protokol kesehatan. Bahkan harus mematuhi setiap peraturan atau instruksi kepala daerah, namun hal ini tidak sama sekali terjadi di Diskominfo Kabupaten Ciamis,” paparnya.

Selain itu, kata dia, HMI juga menyayangkan ada beberapa kegiatan pemerintah daerah yang dilaksanakan di luar kota menjelang akhir tahun ini. “Kami mempertanyakan tujuan dari kegiatan di akhir tahun ini, apalagi sampai ke luar kota. Kemudian dipertanyakan juga anggarannya seperti apa dan output-nya kegiatan tersebuat apa,” kata dia, mempertanyakan.

Terpisah, Pengamat Sosial Politik Ciamis Endin Lidinillah mengatakan, pada saat kondisi fiskal daerah yang menurun, seyogyanya SKPD melakukan efisiensi dan efektivitas anggaran yang ada. “Justru anggaran yang tersedia seharusnya dialokasikan untuk program dan kegiatan yang benar-benar menunjang pemulihan ekonomi. Namun ini justru muncul kegiatan di luar koar,” ujar dia, menjelaskan.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ciamis Drs H Dondon Rudiana terkait liburan Diskominfo yang disoroti HMI mengatakan, bahwa agenda tersebut merupakan pribadi atau masing-masing dan bukan kegiatan dinas. “Alhamdulillah tetap menjaga protokol kesehatan dan juga anggaranya iuran pribadi masing-masing,” pungkasnya. (isr)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: