DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dorong Revitalisasi Ciramajaya

DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dorong Revitalisasi Ciramajaya

radartasik.com, DPRD Kabupaten Tasikmalaya mendorong revitalisasi dan perbaikan saluran irigasi Ciramajaya yang mengairi wilayah Kecamatan Tanjungjaya. Termasuk mendukung sepenuhnya Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat untuk mengusulkan anggaran Rp 2,9 miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat tahun 2022.


DPRD pun bersama UPTD Ciwulan-Cilaki PSDA Provinsi Jawa Barat didampingi Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Perumahan Permukiman (DPU-TRPP) Kabupaten Tasikmalaya pun mendatangi langsung masyarakat di Kecamatan Tanjungjaya.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi SP menjelaskan, kedatangannya bersama UPTD PSDA Provinsi Jawa Barat sebagai pemangku kepentingan terhadap saluran irigasi Ciramajaya untuk ikut mendorong perbaikan dan revitalisasi saluran irigasi.

        

“Sebelumnya kita kedatangan sekitar 1.000 masyarakat dari Kecamatan Tanjungjaya yang audiensi mendorong revitalisasi Ciramajaya,” paparnya.

DPRD Kabupaten Tasikmalaya, mendorong anggaran untuk dianggarkan di APBD provinsi Jabar tahun 2022 ini, yang sudah tertera peruntukannya bagi irigasi Ciramajaya dan harus benar-benar direalisasikan.

“Kami tidak mau ada kata-kata terkena refocusing anggarannya, atau realokasi bahkan dipindahkan lokasinya ke daerah lain. Saya mewakili masyarakat Tanjungjaya dan Kabupaten Tasikmalaya, menuntut keseriusan Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat,” dorong dia.

Staf Irigasi di UPTD Ciwulan-Cilaki PSDA Provinsi Jawa Barat, Erwin Pri Lesmana mengatakan keinginan masyarakat di Kecamatan Tanjungjaya intinya bisa teraliri air dari saluran irigasi Ciramajaya.

“Dan diambil kesimpulan harus ada pengawalan anggaran untuk tahun 2022. Untuk anggaran sendiri sudah diusulkan PSDA di DPA Provinsi Jabar tahun 2022, yang kami harapkan tidak ada perubahan di tahun 2022. Untuk angkanya diusulkan adalah Rp 2,9 miliar,” paparnya.

Untuk pengawalan anggarannya, tambah dia, selain oleh pemangku kebijakan, masyarakat juga bisa menyampaikan aspirasinya. PSDA terus mendorong untuk revitalisasi irigasi Ciramajaya di Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya ini.

Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin SPd MAP mengatakan, pihaknya sudah mendengar dan menerima aspirasi dari masyarakat yang membutuhkan air untuk lahan pertanian dari irigasi Ciramajaya yang belum berfungsi baik.

“Kami minta perwakilan dan membuat surat rumusan untuk dibawa ke pemerintah Jabar. Karena irigasi kewenangannya ada di BKSDA Provinsi Jabar. Kami akan membawa surat untuk dibawa ke Bandung, agar aspirasi masyarakat ini tersampaikan,” paparnya.

       

Ketua Forum Masyarakat Tanjungjaya Bersatu Oos Basor berterima kasih kepada PSDA Provinsi Jawa Barat, PUPR Kabupaten Tasikmalaya dan DPRD yang sudah meluangkan waktu memperlihatkan perhatiannya kepada masyarakat di Kecamatan Tanjungjaya.

“Selama 14 tahun masyarakat Kecamatan Tanjungjaya merasa di marginalkan. Hari ini dengan kedatangannya ketua DPRD Kabupaten Tasik, BKSDA provinsi, dan Kabupaten Tasikmalaya, kami ucapkan terima kasih banyak, atas kunjungannya, mudah-mudahan tercapai tujuan dan keinginan masyarakat, untuk revitalisasi Ciramajaya,” ungkap dia.

Menurut dia, masyarakat berpesan kepada Presiden Jokowi, dan gubernur Jawa Barat, tolong diberikan anggaran kepada Kabupaten Tasikmalaya. Khusus untuk irigasi Ciramajaya di Kecamatan Tanjungjaya dianggarkan di APBD provinsi Jabar tahun 2022.

“Kami menunggu janji dari PSDA Provinsi Jabar yang sudah mengusulkan anggaran untuk revitalisasi Ciramajaya pada APBD tahun 2022,” terang dia. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: