Pipa dari Jalur IPA Situ Batu Mengalami Kerusakan, Distribusi Air Tehambat

Pipa dari Jalur IPA Situ Batu Mengalami Kerusakan, Distribusi Air Tehambat

radartasik.com, BANJAR — Uji alir Instalasi Pengolahan Air (IPA) Situ Batu telah dilaksanakan, namun air bersih belum kunjung sampai ke rumah warga di sekitar Kelurahan Situ Batu.


Direktur Perumdam Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah mengatakan, penyebab belum mengalirnya air karena banyak perbaikan di jalur distribusi. Jalur pipa distribusi air bersih yang sudah dipasang sebelumnya belum maksimal. Masih terdapat kerusakan atau kebocoran.

“Pipa distribusi air bersih untuk sambungan rumah (SR) masih dalam perbaikan oleh Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Banjar,” kata E Firtah Nurkamilah, Selasa (7/12/2021).

Ia mengatakan, dari 213 SR yang sudah siap dialiri air terdapat 95 SR. Selebihnya masih dalam perbaikan. Menurut dia, jika semua pipa sudah diperbaiki maka bisa dilakukan lagi uji coba alir ke 213 sambungan rumah.

“Dari 213 sambungan rumah exsisting, jalur distribusi yang sudah tertelusuri dan keadaan baik sebanyak 95 SR. Sisanya 108 SR lagi masih tahap perbaikan. Setelah semua berhasil diperbaiki maka akan dilaksanakan uji coba alir lagi,” kata dia.

Selain perbaikan 213 SR jalur distribusi di wilayah Desa Cibeureum, Situ Batu dan Neglasari, juga direncanakan perbaikan jalur distribusi ke perkotaan sebanyak 1.800 SR. “Rencana untuk distribusi wilayah perkotaan akan dialirkan dari IPA Situ Batu sekitar 1.800 SR,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPRPK Kota Banjar Irman mengatakan uji alir ke SR di wilayah Situ Batu Kecamatan Banjar sudah sebagaian berhasil. Beberapa di antaranya yang belum berhasil lantaran ada kerusakan atau kebocoran di jaringan pipa distribusi.

“Kita sedang melihat dulu tingkat kerusakan pipanya, jika yang bisa diperbaiki akan diperbaiki, namun jika ada pipa yang harus diganti maka akan dipasang baru tahun depan,” kata Irman. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: