Dinas Lingkungan Hidup Lakukan Operasi Darurat di TPA Sampah Ciangir

Dinas Lingkungan Hidup Lakukan Operasi Darurat di TPA Sampah Ciangir

Radartasik.com, KOTA TASIKMALAYA — Pengangkutan sampah dari sejumlah titik di Kota Tasikmalaya sempat terhenti karena jalur menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Ciangir Kecamatan Tamansari terhalang tumpukan sampah.

Guna mengatasi kondisi tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya Deni Diana melakukan operasi darurat, Senin (6/12/2021). 

”Kami laksanakan operasi darurat ya karena jalan pembuangan sampah ke belakang TPA itu tertutup sehingga menimbulkan antrean saat angkutan mau membuang sampah,” ujar dia kepada radartasik.com.

”Jadi, beberapa mobil truk sampah antre untuk loading sehingga berpengaruh untuk mobilitas di sift kedua. Adakalanya karena antrean banyak dan waktu keburu siang serta hujan, tidak bisa melaksanakan pengangkutan sampah di sift dua,” sambung dia.


Hal itu, terang dia, menyebabkan tumpukan sampah di beberapa titik wilayah Kota Tasikmalaya tidak tertangani. ”Untuk itu kami ambil inisiatif membuka kembali jalan yang sudah dibeton hingga ke belakang,” terangnya.

Jika sudah normal, tambah dia, armada yang akan membuang sampah di TPA tidak akan antre lagi. Sistemnya, tinggal angkutan datang, buang sampah dan jemput lagi. ”Target selesai seminggu ini sehingga mobilitas truk tidak terganggu,” kata dia.

Solusi jangka panjang untuk mengantisipasi kelebihan beban, Dinas Lingkungan Hidup akan memperluas lahan dan menata ulang lahan. Karena, saat ini penumpukan sampah terjadi di depan. Sementara di belakang kosong. 

”Begitu ada tumpukan kita geser ke belakang. Memang ada kendala karena alat berat yang bisa beroperasi hanya dua sehingga tidak bisa menangani kiriman. Sehingga, kami datangkan satu unit kendaraan berat. Besok datang lagi satu untuk mendorong,” tukasnya. (Rezza Rizaldi / Radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: