Belum Divaksin, Pengendara Harus Putar Balik, Polres Ciamis Dirikan Lima Check Point Jelang Natal dan Tahun Baru

Belum Divaksin, Pengendara Harus Putar Balik, Polres Ciamis Dirikan Lima Check Point Jelang Natal dan Tahun Baru

radartasik.com, CIAMIS - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Ciamis mendirikan lima check point sepanjang jalur Ciamis-Pangandaran. Check point mulai diaktifkan sejak Selasa 30 November 2021 sampai minggu pertama di Januari 2022. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada momen hari besar ini.


Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi mengatakan, lima chekc point ini berada di Cihaurbeuti yang merupakan perbatasan Ciamis-Tasikmalaya. Kemudian jembatan timbang yang berada di perkotaan Ciamis, perbatasan Ciamis-Banjar. Sedangkan dua titik lainnya di Objek Wisata Pangandaran dan Kalipucang.

“Ini bukan penyekatan, tapi check point. Namun hanya melakukan pengecekan sesuai dengan Imendagri Nomor 52. Pada check point ini petugas akan melakukan pemeriksaan persyaratan perjalanan darat bagi pengendara yang masuk Ciamis. Salah satu syaratnya minimal sudah divaksinasi pertama, kalau yang belum divaksin harus putar balik,” ujar dia, menambahkan.

Lanjut dia, pihaknya juga akan mendirikan gerai vaksin di lokasi check point. Sehingga, ketika ada pengendara yang belum divaksin bisa langsung melakukan vaksinasi di lokasi. “Ketika ditemukan pengendara yang belum divaksin, kita minta untuk menjalani vaksinasi dulu sebelum masuk Ciamis,” ujar dia, menjelaskan.

Menurut dia, keberadaan check point ini untuk memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat agar peduli kesehatan. Walaupun pandemi ini sudah mulai landai, tapi belum usai. Sehingga semuanya harus disiplin menjaga protokol kesehatan. “Mudah-mudahan tahun baru ini tidak terjadi lonjakan kasus atau gelombang ketiga,” harapnya.

Galih (40), salah satu pengguna jalan saat ditemui di Cihaurbeuti mengapresiasi langkah yang diambil Polres Ciamis dalam pencegahan terjadinya lonjakan kasus Covid-19. “Bagus jadi yang masuk Ciamis bisa tepantau dengan baik, termasuk apabila ada yang belum divaksin bisa langsung vaksinasi di lokasi,” ujar dia, menambahkan. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: