Dihantam Ombak, Kapal Nelayan Asal Pangandaran Terdampar di Nusakambangan, 4 ABK Selamat

Dihantam Ombak, Kapal Nelayan Asal Pangandaran Terdampar di Nusakambangan, 4 ABK Selamat

Radartasik.com,  CILACAP — Sebuah kapal nelayan bertuliskan Kapal Mino Saroyo asal Pangandaran, Jawa Barat,  terdampar di Perairan Selatan Nusakambangan Kecamatan Cilacap Selatan, setelah terhantam ombak pada Sabtu (27/11/2021). Beruntung keempat ABK kapal berhasil selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya mengungkapkan, pihaknya mendapatkan informasi adanya kapal nelayan yang terdampar tersebut pada Senin (29/11/2021) pagi sekira pukul 10.30 WIB dari Nandar selaku pimpinan HNSI Cilacap. “Setelah mendapatkan informasi, kita langsung memberangkatkan satu regu ke lokasi terdamparnya kapal tersebut,” kata Nyoman.

Setelah sampai lokasi kapal terdampar, tim Basarnas Cilacap langsung melakukan pencarian di sekitar perairan yang dimaksud, sesuai keterangan saksi posisi survivor ada di darat tepatnya di atas tebing selatan Pulau Nusakambangan. 

“Setelah kita sampai lokasi menggunakan perahu karet, kita langsung mengevakuasi seluruh ABK dengan keadaan selamat. Kemudian kita bawa ke darat, dan dilanjut ke HNSI Cilacap untuk dimintai keterengan lebih lanjut,” imbuh Nyoman. 

Dari keterangan ABK, Kapal Mino Saroyo asal pemilik dari Pengandaran Provinsi Jawa Barat bernama Yana, ditumpangi empat ABK. Tiga ABK yakni Kohidahiri (38), Yayan Supriyanto (41), dan Sarkik (43) adalah ABK asal Pengandaran, dan satu ABK lain yakni Emis (28) asal Kabupaten Cianjur.

Nyoman menambahkan, dikabarkan sebelumnya sebuah kapal nelayan lepas kontak dengan pemilik Yana, Sabtu (27/11/2021). Nelayan Pangandaran dan kapal besar tersebut saat itu sedang mencari ikan yang ketika berlayar pulangnya seminggu sekali. 

“Seharusnya pada Sabtu kemarin, kapal besar tersebut sudah pulang ke pelabuhan di Pangandaran. Namun kita mendapatkan kabar dari HNSI Cilacap bahwa kapal tersebut terdampar dan terhantam ombak di Perairan Selatan Pulau Nusakambangan Cilacap, beruntung seluruh ABK berhasil selamat,” tandas Nyoman. (nas/radarmas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: