Danlanud: Film Kadet 1947 Pemuda yang Pantang Menyerah

Danlanud: Film Kadet 1947 Pemuda yang Pantang Menyerah

Radartasik.com, KOTA TASIK - Keluarga besar Lanud Wiriadinata dipimpin Danlanud Letkol Nav Djoko Purnomo didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7/D.I, Ninda Djoko Purnomo, nonton bareng film Kadet 1947 di Transmart XXI Tasikmalaya, Selasa (30/11/21).

Film Kadet 1947 diawali dengan penampakan pesawat Guntei yang terbakar dengan asap membumbung ke udara. Hal serupa juga terlihat pada poster yang juga menampilkan ilustrasi pesawat Guntei yang baru saja meledakkan target.

Anak muda yang berpeluh keringat dari Maguwo, Yogyakarta, mulai muncul dengan aksi heroik. Mereka adalah para kadet, tujuh calon perwira TNI Angkatan Udara, Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio) dan penembak udara, Tardjo (Wafda Saifan), Dul (Chicco Kurniawan), dan Kaput (Fajar Nugra).

Meski dengan segala keterbatasan, mereka mampu melakukan serangan ke gudang logistik serta tangsi militer Belanda di daerah Semarang, Salatiga dan Ambarawa.

Sontak, serangan ini membuat Belanda terkejut. Kabar penyerangan ini kian santer dan tak hanya menjadi buah bibir di dalam negeri saja. Aksi heroik para kadet membuka mata dunia bahwa Indonesia sebagai negara yang baru merdeka, mempunyai kekuatan udara yang tak bisa diremehkan. Sejarah mencatat, serangan ini merupakan operasi udara kali pertama dilakukan TNI AU.

Usai menyaksikan film ini, Danlanud Wiriadinata mengajak generasi muda untuk mencontoh apa yang telah diperbuat para Kadet. Meski mereka masih tergolong muda, namun mampu mempertahankan kemerdekaan.

"Sifat pantang menyerah dan rela berkorban harus menjadi motivasi bagi generasi muda saat ini," ujarnya kepada radartasik.com.

Turut hadir menyaksikan film ini antara lain, Danrem 062 Tarumanegara Kolonel Inf Kosasih, S.E. Danbrig 13 Raider Galuh, Kolonel Inf Herry Purwanto, Dandim 0612 Letkol Inf Ari Sutrisno, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan. (rezza rizaldi/ radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: