Hari Ini M Kace Menjalani Sidang, Agenda Pembacaan Dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum

Hari Ini M Kace Menjalani Sidang, Agenda Pembacaan Dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum

radartasik.com, CIAMIS — Tersangka terduga penistaan agama, M Kace akan menjalani sidang di Pengadilan Negeri Ciamis hari ini, Kamis (25/11/2021) sekitar pukul 10.00. Agenda persidangan ini yaitu pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Ciamis.


 Jaksa Fungsional Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis Valentino HP Manurung membenarkan bahwa Kamis akan dilaksanakam sidang pertama pembacaan dakwaan, di Pengadilan Negeri Ciamis. 

“Kemungkinan akan dimulai pada sekitar pukul 10.00, jaksa yang akan menghadiri sidang itu adalah jaksa langsung dari Kejaksaan Agung (Kejagung) yang menangani perkara tersebut,” ujar dia kepada Radar, Rabu (24/11/2021).

Lanjut dia, sidang akan digelar secara terbuka, namun melakukan pengamanan untuk memastikan persidangan berjalan aman, dengan meminta aparat kepolisian melakukan pengamanan ekstra baik itu di Polres Ciamis sampai saat persidangan. 

“Salah satu alasan digelarnya sidang di Ciamis karena banyak saksi yang berada di daerah tesebut. Sehingga dipilih sidang di Ciamis untuk memudahkan saja,” paparnya.

Kuasa Hukum M Kace, Kamarudin Simanjuntak SH menyampaikan, bahwa pihaknya saat ini menangani dua kasus penistaan agama, satu kasus M Kace dan pelapor Yahya Waloni. Nah pada dua kasus itu, penanganannya sangat berbeda, dari perlakuan dan prinsip hukum. “Harusnya, di mata hukum semua sama perlakuannya,” jelasnya. 

Kata dia, salah satu yang dipermasalahkan adalah pemilihan tempat sidang di Ciamis, padahal lokus delik kasus itu berada di Bali, karena M Kace ditangkap di Bali bahkan dimintai keterangan yang pertama kali di sana. “Seharusnya sidangnya di Bali, bahkan  rumah M Kace digeledah tanpa adanya persetujuan pengadilan,” tegasnya.

Dia berharap, hakim PN Ciamis bisa objektif, karena hakim merupakan tembok terakhir untuk mencari keadilan. “Makanya besok saya akan datang langsung ke Ciamis dengan menghadapinya,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: