Tingkatkan Kompetensi, 744 Guru PAUD Ikuti Diklat Berjenjang

Tingkatkan Kompetensi, 744 Guru PAUD Ikuti Diklat Berjenjang

Radartasik.com, SINGAPARNA - Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Tasikmalaya  menyelenggarakan diklat berjenjang tingkat dasar 48 jam bagi para pendidik atau guru PAUD di Gedung Islamic Center.

Kegiatan yang dibuka Sekda Kabupateh Tasikmalaya, H. Mohamad Zen itu diikuti oleh 744 guru PAUD se-Kabupaten Tasikmalaya. Hadir dalam kegiatan pembukaan kegiatan diklat itu oleh Sekdis Dinas Pendidikan dan  Kebudayaan, Kasi PAUD, Kasi Kesetaraan, pewakilan Polres Tasikmalaya, pengurus PGRI, pengurus IGRA, pengurus  PD Himpaudi, ketua  PC se-kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Tasikmalaya, Mulatsih Sri Utami S.Pt M.M.Pd mengatakan kegiatan diklat yang dilaksanakan mulai 22 November hingga 14 Desember mendatang itu mengusung tema melalui Diklat Berjenjang Tingkat Dasar 48 Jam, Kita Tingkatkan Kompetensi PTK PAUD dalam Mendukung Gerakan PAUD Berkualitas di Kabupaten Tasikmalaya.

"Pertemuannya selama 3 hari. Untuk hari pertama pembukaan dan materi disatukan semua peserta di gedung Islamic Center. Sedangkan untuk pertemuan ke 2  dan ke 3 di zona masing-masing. Materi diklat tatap muka 48 jam dilanjut tugas mandiri  200 jam," ujarnya kepada Radar, Senin (22/11/2021).

Tami menyebutkan, materi yang disampaikan berupa mata diklat kebijakan Dirjen GTK, Konsep Dasar PAUD, Gizi Kesehatan dan Strategi Pencegahan Stunting, Etika dan Karakter Pendidik PAUD, Perkembangan Anak, Cara Belajar AUD, Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus, Komunikasi Dalam Pengasuhan, Perencanaan Pembelajaran, Penilaian Perkembangan Anak, Microteaching.

Tami pun berharap melalui diklat ini bisa tercipta para pendidik PAUD yang profesional, memiliki ilmu dan ketrampilan memadai dalam melaksanakan tugas mengajarnya, sehingga akan tercipta layanan pembelajaran PAUD yang berkualitas khususnya di Kabupaten Tasikmalaya.

“Dikarenakan PAUD adalah pendidikan yang sangat penting sebagai pondasi pendidikan selanjutnya, maka diperlukan para pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang baik,” ujarnya. 

Sementara itu, Kabid PAUD Dikmas pada Dinas Pendidikan dan Kebududayaan Kabupaten Tasikmalaya, Sera Sani Verana SPd MPd mengungkapkan, kegiatan diklat tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan, kompetensi, wawasan, pengetahuan dan profesionalisme tenaga pendidik PAUD.

"Diklat yang diikuti oleh para Pendidik PAUD ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tiga tingkatan pendidik PAUD secara berkesinambungan. Yang meliputi diklat dasar, diklat lanjutan dan diklat mahir," ujarnya kepada Radar.

Sera pun berharap kepada seluruh peserta agar nantinya dapat mengimplementasikan pemahaman akan materi yang diberikan selama diklat secara baik. "Pendidikan anak usia dini itu ibaratkan pondasi yang harus dibangun dengan kuat, agar mampu mengahadapi tantangan generasi anak cucu kita nanti yang lebih ketat persaingannya," kata dia.

Salah satu guru PAUD Terpadu Nurul Khoir, Widiasih S.Pd menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan diklat yang diselenggarakan  oleh Himpaudi tersebut. "Diklat berjenjang tingkat dasar ini adalah pembelajaran untuk meningkatkan mindseat para guru PAUD. Ini sangat perlu sekali dilaksanakan, agar para guru PAUD paham untuk membuat prota, promes, rppm dan rpph yang merupakan administrasi sekolah dan seorang pendidik," kata dia. (obi)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: