DPRD Kabupaten Tasik Diminta Terus Mendorong Pemkab Segera Melantik Pejabat

DPRD Kabupaten Tasik Diminta Terus Mendorong Pemkab Segera Melantik Pejabat

radartasik.comSINGAPARNA - Belum diisinya pejabat pada struktur organisasi tata kerja (SOTK) baru yang berdampak terhadap belum terserapnya anggaran perubahan mendapat komentar dari Pemerhati Kebijakan Anggaran, Nandang Suherman.


Menurut dia, pemerintah tidak harus terpaku kepada asesmen dalam pengisian SOTK baru. Apalagi, hasil asesmen untuk calon pejabat yakni eselon II sudah ada. Sehingga, pengisian atau pelantikannya pun bisa dilakukan secara bertahap, sehingga roda pemerintahan bisa tetap berjalan.

“Kemudian, eksekusi kegiatan pembangunan sebetulnya tidak hanya melekat di pejabat. Karena kelembagaan atau dinas badannya kan ada, tinggal pengisian pejabatnya saja menunggu prosedur administrasi,” kata Nandang kepada Radar, Minggu (21/11/2021).

“Jika belum terjadi pengisian SOTK baru dan ada kekosongan jabatan sebenarnya menghambat apabila dikaitkan dengan masa waktu eksekusi kegiatan dan batasan tahun anggaran sampai pertengahan Desember. Dalam waktu sebulan, mungkin hanya kegiatan perjalanan dinas, bukan kegiatan pelayanan masyarakat yang bisa dilaksanakan,” kata dia, menambahkan.

Kata dia, DPRD harus segera bersikap sebagai representasi perwakilan rakyat dengan memberikan sikap politiknya, mendorong segera pengisian terhadap SOTK baru dan harus proaktif jangan stagnan.

“Pertanyaannya, apa yang menjadi kendala bupati dan wakil bupati Tasikmalaya untuk segera mengisi kekosongan jabatan pada SOTK baru. Jangan sampai timbul pertanyaan dari masyarakat atau bahkan kecurigaan agar uang aman, maka anggaran disimpan atau di deposito supaya mendapatkan keuntungan,” kata dia.

Maka dari itu, diharapkan pemerintah daerah segera mengisi SOTK baru supaya program di anggaran perubahan bisa terlaksana dan perekonomian bisa bergerak. “Birokrasi ini jangan lelet, bupati dan wakil bupati harus bergerak cepat dan komitmen untuk masyarakat,” kata dia.

Pengamat sosial politik dan pemerintahan Asep M Tamam mengatakan, soal pengisian SOTK baru memang sampai saat ini belum ada kepastian dilantik. “Kabupaten Tasikmalaya harus kerja keras dan cepat, banyak pekerjaan rumah,” kata dia. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: