Kebakaran Tangki di Kilang Minyak Cilacap, Fraksi PPP Usul Dibentuk Panja

Kebakaran Tangki di Kilang Minyak Cilacap, Fraksi PPP Usul Dibentuk Panja

Radartasik.com — Salah satu tangki kilang minyak milik Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah mengalami kebakaran akhir pekan lalu. Kilang ini juga pernah mengalami hal serupa pada Juni 2021 lalu. Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi mengusulkan pembentukan panitia kerja (Panja) untuk mengawasi masalah kebakaran kilang minyak.

“Untuk mengawasi persoalan ini, Fraksi PPP mengusulkan Panja di Komisi VI untuk bisa membahas secara komprehensif,” ujar Baidowi kepada wartawan, Senin (15/11).

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menilai dibentuknya Panja dirasa perlu karena kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah tersebut sudah dua kali mengalami kebakaran. Kemudian juga belum lama kilang minyak Balongan mengalami hal serupa.

Sehingga menurut Baidowi, peristiwa tersebut tidak bisa dianggap hanya biasa-biasa saja. Perlu ada penyelidikan dan audit secara menyeluruh.

“Perlu dilakukan audit investigatif terhadap kualitas tangki penampungan di kilang-kilang, tidak hanya di Cilacap, mengingat kejadian serupa juga pernah terjadi di tempat lain seperti Balongan dan tempat lainnya,” katanya.

Baidowi berujar, Pertamina perlu melakukan upaya perbaikan dan antisipatif terhadap kilang-kilang minyak di Indonesia. Hal itu dilakukan agar kejadian terbakar tangki kilang minyak tidak terus-terusan terulang.

“Pertamina harus terus melakukan perbaikan dan langkah antisipatif agar persoalan ini tdk terulang kembali. Selain itu, Pertamina harus memastikan pasokan BBM tidak terganggu,” ungkapnya. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: