Warga Pusparahayu Lestarikan Budaya Nyawen

Warga Pusparahayu Lestarikan Budaya Nyawen

Radartasik.com, PUSPAHIANG — Warga Kampung Cikupa Desa Pusparahayu Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Hajat Lembur atau biasa disebut Nyawen, Sabtu (13/11/2021).


Kepala Desa Pusparahayu Rahmat Nugraha menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi, menjaga budaya gotong royong di masyarakat, ngaguar, ngamumule seni budaya Sunda tentang tata krama sesama mahluk hidup dan alam sekitarnya.

Dia menjelaskan makna dari kegiatan hajat lembur ini adalah agar warisan para leluhur terus dipertahankan. Sebab, budaya ini merupakan salah satu tradisi kearifan lokal sekaligus menumbuh kembangkan masyarakat untuk lebih mencintai dan menghargai budaya sendiri.

Nyawen, ujar dia, mengandung arti ngabeungkeut, ngahijikeun, ngaguar budaya-budaya leluhur dengan tujuan utama terkait tatakrama sesama mahluk hidup dan gotong royong.

”Sebagai generasi di era milenial ini, jangan sampai budaya leluhur tergerus dan terlindas oleh budaya asing. Sebab, jika telah bisa menghargai, mencintai, menjaga dan melestarikan budaya leluhur, itu akan menjadi suatu pondasi dalam kehidupan,” kata dia.

”Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dan mengapresiasi. Mereka pun ikut terlibat tanpa pamrih dan sadar untuk menjaga melestarikan warisan budaya leluhur,” ujar dia kepada Radartasik.com.

Lanjut Rahmat, dalam kegiatan hajat lembur ini dsuguhkan seni budaya buhun Sunda asli dari Kampung Cikupa Desa Pusparahayu. Di antaranya, seni rudat, seni karinding, pencak silat, seni gondang, terbang sajak dan terbang batok.

”Itu penuh filosofi, pesan kahuripan, karahayuan dari leluhur budaya Sunda yang ada di Kampung Cikupa. Acara hajat lembur ini dihadiri pula oleh pihak kecamatan dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut supaya tetap dilestarikan,” kata dia.

”Nyawen ini sekaligus sebagai edukasi kepada generasi muda. Kegiatannya rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa. Segala nikmat yang telah diberikan kepada kita, yang patut kita syukuri,” ujar dia. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: