Pemdes Taraju Lestarikan Budaya Gotong Royong

Pemdes Taraju Lestarikan Budaya Gotong Royong

Radartasik.com, TARAJU — Gotong royong merupakan salah satu budaya masyarakat desa dalam berbagai bidang. Namun, budaya tersebut lambat laun mulai terkikis dengan budaya modern. Maka dari itu, Pemdes Taraju terus menggelorakan gotong royong supaya bisa tetap terjaga.

Kepala Desa Taraju Andriana mengatakan tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap budaya ini sudah jarang ditemukan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa untuk mempertahankan budaya ini dengan cara menumbuhkan kembali semangat gotong royong dalam berbagai bidang.

”Kami mengajak seluruh warga untuk selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan atau pembangunan secara gotong royong ini menjadikan masyarakat lebih berdaya dan sejahtera, karena dengan gotong royong berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat,” ujarnya kepada Radar, Kamis (11/11/2021).

Andriana menyebutkan semangat gotong royong masyarakat Desa Taraju masih terjaga dalam setiap kegiatan, baik itu kegiatan pembangunan fasilitas umum, pemeliharaan lingkungan sekitar, kerja bakti membersihkan mesjid dan membersihkan lingkungan sekitar.

”Salah satu bukti nyata hal tersebut terlihat ketika melaksanakan kegiatan gotong royong membangun jalan yang diikuti cukup antusias oleh semua elemen masyarakat,” ujar dia.

Salah satu warga setempat, Taufan sangat mengapresiasi dengan masih tertanamnya semangat gotong royong di masyarakat Desa Taraju. Mungkin di desa lain budaya ini sudah mulai luntur karena sudah terpengaruh budaya luar.

”Saya berharap agar budaya ini terus dijaga dan dilestarikan. Saya bersyukur, warga masih memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Hal ini harus kita jaga dan lestarikan untuk kemajuan desa dan menjadi salah satu identitas masyarakat pedesaan,” ucapnya. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: