Ciamis Selatan Diterjang Bencana, Curah Hujan Tinggi Masih Jadi Faktor Utama

Ciamis Selatan Diterjang Bencana, Curah Hujan Tinggi Masih Jadi Faktor Utama

radartasik.com, CIAMIS - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis dengan intensitas tinggi mengakibatkan Ciamis Selatan diterjang berbagai bencana alam. Di antaranya banjir luapan sungai, rumah tertimpa longsor dan tertimpa pohon tumbang.


Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, curah hujan tinggi mengakibatkan beberapa wilayah terjadi bencana alam. Kebanyakan laporaan saat ini dari Ciamis Selatan. Seperti luapan Sungai Cikaso, kejadiannya pada Rabu-Kamis masih ada genangan air ke rumah warga.  Lokasinya di Dusun Sukamaju RT/RW 01/01 Desa Banjarsari Kecamatan Banjarsari.

“Datanya di dusun tersebut ada lima rumah terdampak banjir dengan ketinggian sekitar 30 centimeter. Bahkan sempat masuk rumah, namun beruntung sekarang sudah mulai bertahap surut,” ujar dia, menjelaskan,

Kemudian, kata dia, lokasi bencana lainnya di Dusun Cibereum RT/RW 35/08 Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, ada sembilan rumah yang terdampak banjir tersebut. “Bahwa banjir itu akibat luapan sungai, karena curah hujan tinggi, ditambah lagi penyempitan sungai dan bisa juga karena pendangkalan,” paparnya.

Lanjut dia, kejadian lainnya di Ciamis Selatan akibat hujan terjadi longsor. Longsor tersebut menimpa rumah Edi di Dusun Cisarua RT/RW 32/05 Desa Pasawahan Kecamatan Banjarsari. “Akibat kejadian itu hanya mengalami rusak ringan,” jelasnya.

Kemudian, tambah dia, ada rumah ambruk karena sudah lapuk dan ditambah curah hujan tinggi, sehingga rumah tidak bisa menahan dan langsung ambruk. Rumah yang ambruk tersebut terjadi di Dusun Panamun RT/RW 26/07 Desa Kawasen  Kecamatan Banjarsari milik Warjono, saat kini korban mengungsi di rumah saudaranya.

Kejadian lainnya, kata dia, kamar mandi dan kobong Pesantren KH Mahfud di Dusun Sumanding RT/RW 18/05 Desa Kawasen Kecamatan Banjarsari rusak akibat longsor, kemudian rumah rusak tertimpa pohon sawo milik Kosin (56) warga Dusun Sukasari RT/RW 11/3 Desa Sukajadi Kecamatan Pamarican.

“Dari semua kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi. Kami imbau kepada masyarakat tingkatkan kewaspadaan, mengingat saat ini cuaca cukup ekstrem,” ujar dia.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat menyampaikan, saat ini cuaca cukup eksrem, hujan dengan intensitas tinggi terus terjadi beberapa hari ini. Termasuk banyaknya bencana di Ciamis Selatan, salah satu faktornya adalah curah hujan yang tinggi. “BPBD terus patroli ke lokasi bencana, alhamdulillah semuanya teratasi dengan baik. Kami terus imbau masyarakat selalu waspada,” ujar dia. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: