Pemdes Sukaraja Budayakan Gerakan Bebersih

Pemdes Sukaraja Budayakan Gerakan Bebersih

radartasik.com, RAJAPOLAH - Pemerintah Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah menjadikan kegiatan gerakan bebersih (geber) lingkungan sebagai budaya dan tradisi yang harus selalu dijaga.


“Dengan semangat bebersih, seluruh stakeholder di Desa Sukaraja mampu menghadirkan sebuah gerakan yang mampu menyelesaikan persoalan lingkungan,” ujar Kepala Desa Sukaraja Asep Nandang kepada Radar, Rabu (3/11/2021).

Asep mengungkapkan, mengajak masyarakat menyelesaikan masalah lingkungan dengan kultur budaya dari warga sendiri. Gerakan bebersih juga menjadi gerakan yang mulai dimasifkan. Dengan demikian, masyarakat turut berpartisipasi menyelesaikan masalah lingkungan.

Kebersihan lingkungan, ujar dia, mencerminkan kondisi yang sehat dan mewujudkan lingkungan bersih. Dalam mewujudkan itu, tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah desa, melainkan harus ada peran serta dari masyarakat.

“Selain memiliki tujuan utama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat demi keindahan dan kenyamanan, gerakan bebersih sekaligus untuk mewujudkan keteladanan, rasa kekeluargaan dan kekompakan, sehingga memberikan contoh yang baik kepada masyarakat secara luas,” kata dia.

Salah satu warga, Dede mengaku sangat mengapresiasi kegiatan gerakan bebersih tersebut dan bisa dilaksanakan secara rutin agar lingkungan terlihat bersih dan enak dipandang.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” kata dia. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: