Facebook, Snapchat dan YouTube Merugi Karena Kebijakan Baru Apple

Facebook, Snapchat dan YouTube Merugi Karena Kebijakan Baru Apple

Radartasik.com, JAKARTA — Berdasarkan Investigasi Financial Times bahwa sejumlah platform media sosial mengalami kerugian besar menyusul kebijakan pelacakan aplikasi yang dikeluarkan Apple.


Dalam laporan mereka, Snapchat, Facebook, hingga YouTube mengalami kerugian hingga USD 9,85 miliar atau setara Rp 140,2 triliun.

Menurut Financial Times, perubahan praktik pengaturan privasi melalui App Tracking Transparency (ATT) yang membuat aplikasi dilarang melacak jika pengguna tidak memilih opsi itu, ternyata sangat merugikan pengembang media sosial.

Facebook menjadi perusahaan yang paling mengkritik kebijakan tersebut, dan mereka yang paling banyak kehilangan uang akibat aturan itu.

Snapchat memiliki kerugian yang paling tidak menguntungkan karena tidak memiliki layanan versi desktop.

”Beberapa platform terkena dampak besar akibat ATT, terutama Facebook karena harus membangun kembali strategi mereka dari awal,” ujar konsultan iklan digital Eric Seufert.

Setidaknya dibutuhkan waktu satu tahun untuk membangun infrastruktur baru hingga kerangka kerja sebelum diterapkan pada banyak pengguna mengatasi dampak penerapan kebijakan ATT.

Kebijakan Apple itu dinilai mendorong para platform aplikasi menjadi lebih kreatif terkait iklan-iklan mereka.

Ini bisa berpotensi pada dua hal antara pengembangan difokuskan di perangkat Android atau investasi yang lebih mendalam di bisnis iklan bersama Apple. (theverge/ant/rdo/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: