Akhirnya Singapura Izinkan Vaksin Sinovac Jadi Program Nasional, Tapi Harus 3 Dosis

Akhirnya Singapura Izinkan Vaksin Sinovac Jadi Program Nasional, Tapi Harus 3 Dosis

Radartasik.com — Pemerintah Singapura akhirnya menyetujui untuk memberikan vaksin Sinovac-CoronaVac asal Tiongkok tersebut masuk dalam program nasional. Sebelumnya vaksin ini hanya diberikan di klinik swasta dan berbayar. Setelah menjadi program nasional dan difasilitasi pemerintah, masyarakat yang belum divaksinasi harus mendapatkan 3 dosis vaksin Sinovac.

Sinovac akan diberikan sebanyak 3 dosis dalam program nasional. Hal itu untuk memastikan bahwa setiap orang akan memiliki perlindungan yang cukup baik terhadap Covid-19.

“Kami akan menawarkan tiga dosis seri utama Sinovac-CoronaVac di bawah program vaksinasi nasional kepada mereka yang belum menyelesaikan vaksinasi penuh mereka, termasuk orang yang telah hanya menerima satu atau dua dosis Sinovac-CoronaVac sebelumnya,” kata Kemenkes seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin (01/11/2021).

Masyarakat dapat membuat janji temu untuk menerima vaksinasi Sinovac-CoronaVac Covid-19 di Raffles City Convention Center mulai Sabtu (30 Oktober). Lansia manula diizinkan masuk tanpa membuat janji.

“Ini akan sangat memperluas kapasitas cakupan vajsin di atas klinik swasta dan lembaga kesehatan publik yang mengelola vaksin Sinovac-CoronaVac atas nama Kementerian Kesehatan (MOH),” kata Kemenkes Singapura.

Pekan lalu, gugus tugas multi kementerian Covid-19 mengumumkan bahwa vaksin Sinovac akan dimasukkan dalam Program Vaksinasi Nasional.

Orang yang belum divaksinasi sama sekali dapat mendaftarkan minat mereka mulai hari Sabtu (30/11) sementara mereka yang telah mengambil setidaknya satu dosis vaksin Sinovac dapat menyelesaikan tiga dosis mereka di klinik swasta mana pun yang berwenang. Mereka yang tidak dapat mengambil atau menyelesaikan vaksin mRNA karena alasan medis didorong untuk divaksinasi dengan Sinovac-CoronaVac.

Sejak program booster dimulai pada 14 September, pihak berwenang telah memulai dosis booster yang sehat di antara mereka yang memenuhi syarat untuk menerimanya. Pada 27 Oktober, di antara orang-orang yang diundang untuk menggunakan booster di Singapura, 80,2 persen dari mereka yang berusia 60 tahun ke atas, 92,7 persen dari mereka yang berusia 50 hingga 59 tahun, dan 75,1 persen dari mereka yang berusia 30 hingga 49 tahun telah menerima dosis booster.

“Kementerian Kesehatan telah mempelajari tingkat infeksi positif Covid-19 dari individu yang telah menerima dosis booster mereka dibandingkan dengan individu yang divaksinasi penuh yang belum menerima dosis booster mereka,” kata Kemenkes.

Ditemukan bahwa dosis penguat memberikan sekitar 70 persen pengurangan risiko lebih lanjut terhadap infeksi Covid-19, dan 90 persen pengurangan risiko terhadap infeksi parah. Oleh karena itu ada perlindungan signifikan yang diberikan oleh booster di atas perlindungan yang sudah diberikan dua dosis vaksin mRNA terhadap Covid-19.

“Dengan vaksin maka seseorang mendapat manfaat dari 80 persen atau lebih efektivitas vaksin terhadap infeksi Covid-19 dan sekitar 99 persen terhadap penyakit parah,” jelas Kemenkes. (jpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: