Persib Bandung Waspadai Kebangkitan Persipura

Persib Bandung Waspadai Kebangkitan Persipura

Radartasik.com, SOLO — Persib Bandung memiliki peluang besar untuk melenggang ke puncak klasemen. Pasalnya, Maung Bandung akan menghadapi Persipura Jayapura yang masih berkutat di zona degradasi di Stadion Manahan, Solo, malam ini.

Mutiara Hitam –julukan Persipura– saat ini menempati peringkat 17 dengan 5 poin. Itu hasil dari satu kemenangan, dua seri, dan enam kekalahan.

Selepas unggul 1-2 atas Persiraja pada pekan keempat, skuat Jacksen F Tiago gagal menang dalam lima pertandingan terakhir.

Sebaliknya, Persib Bandung kini menempati posisi runner-up di klasemen Liga 1, selepas mendapat tiga kemenangan beruntun di laga teraktual.

Maung Bandung mengumpulkan 19 poin, hasil dari lima kemenangan dan empat kali seri. Persib kini hanya terpaut tiga poin dari Bhayangkara FC di puncak klasemen. Hingga pekan ke-9, Maung Bandung jadi satu satunya tim yang belum terkalahkan di Liga 1 2021.

Terkait catatan impresif itu, Robert Alberts selaku juru taktik Pangeran Biru menyatakan timnya berhasil mempertahankan performa apik karena faktor kedalaman skuad. Karena itu, Robert tidak mengkhawatirkan dampak dari absennya Marc Klok yang terkena skorsing kartu kuning.

Dia berencana menurunkan Dedi Kusnandar untuk mengisi pos yang ditinggalkan oleh Klok.

”Kami memiliki kedalaman tim yang sangat baik. Itu kenapa kami juga memasukkan Dedi di laga kontra PSIS. Dengan begitu, dia tahu akan bermain di laga selanjutnya. Kedalaman tim menjadi kekuatan dari tim ini dan semua pemain punya kualitas yang sama,” katanya.

Dari segi head to head, Maung Bandung pun lebih unggul atas Persipura. Persib memenangkan tiga dari lima pertemuan terakhir kontra Persipura. Dua laga sisanya berakhir imbang. Menilik performa terbaru Maung Bandung yang baru saja mendulang tiga kemenangan beruntun, Persib lebih layak diunggulkan.

”Persipura menurut opini saya adalah tim yang selalu dipandang tinggi. Mereka punya manajemen yang bagus, pelatih yang bagus dan pemain yang bagus meski di saat ini mereka ada dalam masa transisi dengan materi pemainnya,” kata pelatih asal Belanda ini.

”Tapi kalian bisa tetap melihat mereka bisa memainkan sepak bola yang bagus, sesuai dengan gaya main yang mereka inginkan. Saya menyebutnya Brasil-nya Indonesia karena sangat atletis dan kuat, punya skill yang bagus. Jadi selalu menyenangkan melihat cara bermain Persipura karena mereka memperagakan permainan tim,” ujar Robert.

Namun, Persipura yang baru saja menelan tiga kekalahan beruntun tentu juga motivasi tersendiri untuk kembali ke jalur kemenangan.

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengatakan targetnya dalam laga melawan Persib Bandung adalah berusaha mencuri kemenangan.

”Kita sudah arahkan fokus khusus kepada Persib Bandung. Kita termotivasi untuk mengalahkan mereka. Motivasi kita adalah meraih kemenangan, bangkit dan kembali ke zona yang semestinya kita tempati,” ujar Jacksen.

Menurut dia, saat ini Persipura tengah dalam kondisi yang tidak menguntungkan karena terus menerus mendapatkan hasil minor di Liga 1 dan tengah berada di papan bawah klasemen.

Pelatih asal Brazil itu menjelaskan saat ini seluruh bagian dari tim mempunyai motivasi untuk membawa Persipura kembali ke tempat yang semestinya yaitu papan atas.

”Tim Persipura adalah papan atas. Itulah yang menjadi motivasi kita untuk pertandingan besok (hari ini, Red). Mencari kebangkitan yang sudah kita tunggu cukup lama,” jelas Jacksen.

Jacksen mengatakan salah satu pemain asing mereka yaitu, Hedipo Gustavo sudah berada di dalam tim, sudah menjalani karantina, dan sesi latihan bersama Persipura.

Meskipun begitu, Hedipo Gustavo masih belum bisa diturunkan karena ada beberapa aspek administrasi dan legalitas yang harus diselesaikan serta belum bisa dipastikan kapan akan mencatatkan debut bersama Persipura. (pra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: