Sambut PORPROV, Atelet Aeromodelling Tasikmalaya Berlatih ke Daerah Ini..

Sambut PORPROV, Atelet Aeromodelling Tasikmalaya Berlatih ke Daerah Ini..

radartasik.com - Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Barat, beberapa atlet beserta pelatih dari Cabang Olahraga Aeromodelling kontingen Kabupaten Tasikmalaya, akan berlatih ke Yogyakarta dan Jawa Timur.


Dhimas Maula Bayu Aji, Binpres Cabor Aeromodelling KONI Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, yang akan ikut pelatihan jumlahnya hanya 5 orang. 

Yakni atlet yang diprioritaskan mendapatkan medali pada PORPROV 2020 mendatang.

"Pelatihan untuk besok, kita fokuskan khusus untuk nomor Free flight (FIA). Sebab, memang di Yogjakarta gudangnya FIA dan latihan seperti itu adanya di Yogjakarta," ujarnya kepada Radar, Kamis (21/10/21).

Kata Dhimas, setelah dari Yogyakarta selanjutnya akan berangkat ke Jawa Timur. Sebab, kemarin kan yang juara umum PON Papua XX dari cabor Aeromodelling itu, dari Jawa timur. 

Ia bersama atlet sedikit banyaknya akan menimba dan menggali ilmu serta menambah jam terbang kepada atlet-atlet yang telah meraih prestasi. 

Hal tersebut, ujar dia, sudah menjadi rutinitas setiap akan melakukan atau menghadapi PORDA atau PORPROV. 

"Rutinitas kita latihan aktivitasnya ke Yogyakarta. Rencana di Yogyakarta hari Sabtu Minggu untuk latihannya dan selanjutnya Minggu malam berangkat lanjut ke Surabaya nanti di Surabaya sampai hari Selasa. Kita di sana kan melakukan pelatihan lebih ke teknis," kata dia.

Terang Dhimas, cabor Aeromodelling Kabupaten Tasikmalaya sudah dua kali mengikuti PORDA. 

Mulai dari PORDA Bekasi tahun 2014 lalu, mendapatkqn 2 medali emas 1 medali perak. 

Sedangkan untuk di porda Bogor tahun 2018 kemarin, meraih 3 medali emas dan 1 medali perak.

Untuk target di PORPROV tahun 2022 mendatang, lanjut Dhimas, minimal dapat mempertahankan prestasi yang sudah diraih tahun sebelumnya bahkan bisa meningkat.

"Ya minimal kita bisa meraih 5 medali emas. Atlet yang disiapkan kurang lebih ada 7 orang untuk berbagai kelas," ucapnya.

Untuk persiapan saat ini, ujar Dhimas, dari peralatan sebagian sudah ada dan sebagian lagi mungkin terbagi dua. Untuk persiapan itu satu ke pembinaan atlet dan yang kedua persiapan di babak kualifikasi. 

Babak kualifikasi itu rencana tanggal 12 Desember sampai 20 Desember 2021, tempatnya di Lanud Wiriadinata. 

"Untuk venue sudah siap, tinggal nanti ada peralatan pendukung yang harus dilengkapi lagi," ujarnya.

Untuk BK Porprov sendiri, cabor Aeromodelling kontingen Kabupaten Tasikmalaya dapat tiket gratis bisa langsung masuk ke PORPROV 2022. 

"Istimewanya kita diperbolehkan untuk tidak mengikuti BK Porprov dan kuota atlet kontingen itu tidak dibatasi. Kalau di daerah lain kan itu harus ikut BK, untuk atletnya per kontingen juga itu maksimal 6 orang," kata dia.


Drs. H. Saeful Hidayat MSi, Ketua KONI Kabupaten Tasikmalaya melalui Wakil ketua 1 Bidang Organisasi Maman Dali mengatakan, dalam hal ini, KONI mendorong rencana tim Aeromodelling untuk melaksanakan latihan bersama di Jakarta maupun di Jawa timur.

"Ini kan merupakan bekal untuk lebih memantapkan menuju pelaksanaan babak kualifikasi dan juga Porprov 2022 Jawa barat," kata dia.

Pelatihan ini, menurutnya, agar lebih banyak menambah pengalaman dan mereka juga bisa silaturahmi dengan atlet yang lainnya dengan tingkat kualitas dan kemampuan yang berbeda.

Maman berharap, mereka bisa lebih banyak menambah ilmu dalam rangka meningkatkan prestasi sebagai atlet. 

"Kami memang mentargetkan raihan medali untuk cabor aeromodelling di PORPROV tahun 2022 yang akan datang. Tidak kurang dari 3 medali emas, minimal bisa mempertahankan raihan yang kemarin," ucapnya. (radika robi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: