Rental Alat Berat di Dinas PU Pangandaran, Sepi Penyewa

Rental Alat Berat di Dinas PU Pangandaran, Sepi Penyewa

radartasik.com, TPANGANDARAN — Sepinya penyewaan alat berat di Di Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUTRPRKP) Kabupaten Pangandaran membuat target retribusi sulit tercapai.


Menurut Kepala UPT Peralatan dan Laboratorium DPUTRPRKP Kabupaten Pangandaran Nanang Juhendi, target retribusi dari jasa penyewaan alat berat yakni Rp 75 juta. “Sekarang baru 75 persen yang tercapai, sementara penyewanya juga tidak ada,” ungka Nanang kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Kata dia, itu berarti tinggal 25 persen lagi capaian target retribusi bisa terpenuhi. Namun, melihat kondisi sekarang, kata dia, cukup berat. “Kalau kondisinya seperti ini ya berat juga walau 25 persen lagi,” terangnya.

Kata dia, banyaknya proyek yang direfocusing menjadi penyebab rendahnya sewa alat berat. “Refocusing itu dilakukan untuk penanganan Covid-19,” kata dia.

Karena biasanya, pengerjaan proyek tersebut banyak melakukan penyewaan ke UPT Peralatan dan Laboratorium. “Pada tahun 2020, target retribusi kita hanya Rp 50 juta dan itu kita bisa capai 100 persen,” ujarnya.

Menurutnya, alat berat yang bisa disewakan saat ini adalah mesin gilas, loader, ekskavator. “Alat-alat ini pembelian tahun 2014 dan tahun 2015,” katanya.

Mereka berharap target retribusi akan tercapai hingga 100 persen atau Rp 75 juta. “Ya mudah-mudahan saja, walaupun cukup berat,” ungkapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: